Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Tenggat Waktu Terakhir Membayar Zakat Fitrah, Menjadi Tidak Wajib Jika Ketentuan Ini Terpenuhi

Ilustrasi Zakat Fitrah. 2,5 kg atau 2,7 kg, mana yang lebih tepat?

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang ketentuan dalam membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan.

Ustaz Abdul Somad kemudian menjelaskan tentang tenggat waktu terakhir membayar zakat fitrah.

Berikut penjelasan selengkapnya dari Ustaz Abdul Somad.

Dikutip Gridhot dari Baznas, zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.

Zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Dikutip Gridhot dari Banjarmasin Post, penceramah Ustadz Abdul Somad menjelaskan tenggat waktu membayar Zakat Fitrah bagi umat muslim di bulan Ramadhan 2023.

Dalam menunaikan zakat fitrah, dipaparkan Ustadz Abdul Somad ada ketentuan dari segi waktu yang dapat mengubah hukumnya dari mubah menjadi wajib.

Kini umat Islam telah berada di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah bertepatan di bulan Maret dan April 2023.

Pada bulan Ramadhan umat muslim diperintahkan menunaikan puasa dari terbit fajar hingga tenggelam matahari selama 30 hari atau satu bulan.

Baca Juga: 5 Weton Wanita Ini Punya Sifat Gigih Tahan Banting Seperti Lelaki, Sosoknya Rela Jadi Tulang Punggung Keluarga, Ini Penjelasannya