Find Us On Social Media :

Ida Dayak Selalu Gunakan Ramuan Warna Merah ini saat Prosesi Penyembuhan, Ternyata Minyak Bintang Miliknya Terbagi Jadi Tiga Golongan, Berikut Sejarah Lengkapnya

Minyak Bintang ramuan sakti yang digunakan oleh Ida Dayak ternyata memiliki berbagai khasiat yang dipercaya oleh masyarakat suku Dayak, bahkan minyak ini juga sudah menjadi kepercayan soal penyembuhannya sejak zaman dahulu yang diwariskan secara turun menurun.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Minyak Bintang, sebuah ramuan berwarna merah yang selalu digunakan dalam pengobatan Ida Dayak.

Ida Dayak, wanita asal Kalimantan Timur ini selain menggunakan Minyak Bindang, ia juga selalu membacakan tahlil dalam metode penyembuhannya.

Minyak Bintang yang digunakan Ida Dayak ini juga ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunnewsBogor, 4 April 2023, bahkan, di Kalimantan sendiri Minyak Bintang ini terbagi dalam tiga golongan yang berbeda.

Selain itu, Minyak Bintang ini sudah ada sejak dahulu kala yang racikannya diwariskan secara turun menurun di Kalmimantan.

Maka dari itu, di Kalimantan Minya Bintang ini termasuk ke dalam warisan budaya.

Apa itu Minyak Bintang Ida Dayak ?

Dikutip dari Tribun Kaltim yang dilansir FO Borneo, Minya Bintang ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Dari kisah secara turun menurun, konon katanya, Minyak Bintang ini terbuat dari otak musuh yang dipenggal saat pertarungan suku Dayak.

Baca Juga: 5 Arti Kedutan Area Wajah Menurut Primbon Jawa, Akan Dibuat Menangis hingga Segera Bertemu Momen Menjengkelkan

Selain itu, Minyak Bintang ini juga dicampur menggunakan darah burung tertentu yang dipatahkan kakinya berkali-kali saat masih berada di dalam sarang.