Find Us On Social Media :

Daftar Senjata KKB Papua Egianus Kogoya yang Berhasil Diamankan TNI Polri

Foto terbaru pilot Susi Air Kapten Philips Marthen yang disanderaa KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya

Gridhot.ID - KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya dilaporkan masih menyandera pilot Susi Air, kapten Philip Mark Merthens.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, sudah dua bulan KKB Papua menyandera pilot Susi Air.

Panglima TNI sendiri mengakui pihaknya tidak akan melakukan serangan frontal dan berfokus mengandalkan negosiasi.

Pasalnya, KKB Papua bisa saja menggunakan rakyat sekitar untuk menjadi tameng mereka jika TNI Polri nekat melakukan kontak senjata duluan.

Meski masih menantikan negosiasi, TNI Polri melalui satgas Damai Cartenz tetap melakukan penangkapan ke anggota KKB Papua yang masuk dalam daftar pencarian orang.

Terbaru, dikutip Gridhot dari Kompas TV, tim Gabungan TNI-Polri Operasi Damai Cartenz 2023 menangkap seorang bernama Yonce Lokbere, yang diduga kuat merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Yonce ditangkap di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Hari Rabu (5/4/2023).

Yonce Lokbere (YL) alias Tomse, alias Yomce, alias Yomse, alias Paken, alias Lokbere lahir pada 1 Desember 1991 di Kampung Ardeak, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Menurut Kasatgas Gakkum Damai Cartenz, Kombes Pol I Gusti Gede Era Adhinata, tersangka YL terlibat dalam beberapa aksi kejahatan.

Sejumlah kejahatan itu antara lain, pada 2021 pembakaran Kamp Dolarossa pada 2021, terlibat aksi kontak tembak dengan TNI yonif Raider 700 di Mapemduma pada 2 Februari 2021.

Selanjutnya pada, 7 Juni 2022 penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga, 5 Februari 2023, terlibat pengancaman 15 pekerja puskesmas di Distrik Paro Nduga, 7 Februari 2023 terlibat aksi pembakaran pesawat dan penyderaan pilot Susi Air.

Baca Juga: Lesti Kejora Sudah Pulang ke Rumah, Ady Sky Sang Sahabat Ungkap Kondisi Istri Rizky Billar Setelah Keluar dari Rumah Sakit