Find Us On Social Media :

KKB Papua Kini Makin Terdesak, TNI-Polri Sepekan Terakhir Berhasil Ringkus 2 Anggotanya di Puncak Nduga Papua, Terungkap Ternyata Ini Sosoknya

Egianus Kogoya (kiri) dan proses evakuasi warga sipil yang jadi korban pembantaian KKB Papua (kanan). Dalam sepekan terakhir aparat TNI-Polri berhasil menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Dalam sepekan terakhir aparat TNI-Polri berhasil menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Dua anggota KKB Papua yang ditangkap adalah B alias YM yang diamankan pada Rabu (5/4/2023) lalu.

Serta anggota KKB Papua berinisial YL yang ditangkap di wilayah Ndugama, Senin (10/4/2023) kemarin.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Tribunnews, 11 April 2022, YL diamankan beserta ratusan amunisi dan senjata api.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan penangkapan terhadap anggota KKB, B alias YM berawal dari laporan masyarakat terkait dengan adanya keberadaan anggota.

Anggota KKB, B alias YM diketahui pernah terlibat dalam aksi penembakan terhadap tukang ojek bernama Udin meninggal dunia pada 14 April 2021 di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupate Puncak.

Selanjutnya, pembakaran tower BTS pada 3 Januari 2021.

Dia juga terlibat pembakaran Helikopter UP MI815 Milik PT Ersa di Bandara Aminggaru pada 11 April 2021, dan penembakan terhadap anggota Ops Nemangkawi di Kampung Olenki, pada 27 April 2021 lalu.

B alias YM ini merupakan anak buah dari pimpinan KKB Puncak, Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker.

Baca Juga: 3 Weton Ini Sering Dicaci Maki tapi Hidupnya Berujung Makmur dan Sejahtera, Begini Kata Primbon Jawa

Kelompok ini juga pernah terlibat dalam beberapa aksi yang menimbulkan korban jiwa dari masyarakat sipil maupun aparat TNI-Polri.