Find Us On Social Media :

Sebby Sambom Klaim Terima Laporan Resmi, KKB Papua Pimpinan Jonatan Pigai Ngaku Bertanggung Jawab Bakar Kantor Bupati Odiyai

Kantor Bupati Dogiyai Provinsi Papua Tengah terbakar pada Sabtu 8 April 2023 siang. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. Sementara Kodap XI Odiyai Dogiyai klaim mereka yang membakar.

GridHot.ID - KKB Papua kembali berulah.

Kali ini, KKB Papua ngaku membakar Kantor Bupati Dogiyai, Papua Tengah.

KKB Papua pimpinan Jonatan M Pigai diduga jadi biang keladinya.

Dilansir dari pos-kupang.com, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB-OPM ) Kodap XI Odiyai Dogiyai pimpinan Jonatan M Pigai membakar Kantor Bupati Dogiyai, Papua Tengah.

Aksi yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua itu terjadi pada Sabtu 8 April 2023.

Demikian siaran pers Manajemen Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM yang dikutip dari akun Rimbah Hutan 61.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan, TPNPB Kodap XI Odiyai Dogiyai bertanggungjawab atas pembakaran Kantor Bupati Dogiyai.

Dia menjelaskan bahwa Pengendali Manajemen Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM dibawah pimpinan Terryanus Satto pada Senin 10 April 2023 telah menerima laporan resmi yang telah dikonfirmasi langsung dengan Panglima Kodap XI Johnatan M Pigai, mengatakan bahwa pasukan TPNPB telah membakar Kantor Bupati Dogiyai.

"Dia dengan pasukannya bertanggungjawab atas pembebakaran Kantor Bupati Kolonial," kata Sebby Sambom.

Sebby Sambom mengungkapkan tujuan pembakaran Kantor Bupati Dogiyai, yakni merupakan bagian dari Revolusi Tahapan yang mana telah dideklarasikan oleh Komando Nasional, Tentara Pembebasan Nasional Barat pada Tahun 2017 oleh Komandan Operasi Umum TPNPB Mayjen Lekagak Telenggen di Yambi, Kabupaten Puncak Jaya.

"Dalam deklarasi Perang Revolusi Tahapan dan Revolusi Total telah di umumkan bahwa hal ini akan berlaku di Papua, dan itu telah di deklarasikan pada Tahun 2017 oleh Pimpinan TPNPB dari Komando Markas Pusat," katanya.

Baca Juga: 2 Anggota KKB Papua yang Dulu Teror Warga Berhasil Diringkus Tim Gabungan TNI-Polri, Ini Profil Lengkapnya