Find Us On Social Media :

Penjaga Markas KKB Papua Diringkus TNI-Polri, Ini Daftar Senjata dan Amunisi yang Ditemukan di Persembunyian Egianus Kogoya

Tim gabungan TNI-Polri berhasil amankan dua anggota KKB Papua wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak bernama Yomison Murib (kanan) dan Yonce Lokbere (kiri) di wilayah Nduga

Gridhot.ID - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menangkap satu anggota KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang bernama Yonce Lokbere (YL) alias Yomce di Kabupaten Nduga, Senin (10/4/2023).

Keberhasilan penangkapan anak buah Egianus Kogoya ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras tim gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz dalam mengatasi pergolakan di daerah itu.

Diketahui, penangkapan dipimpin oleh Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha Letkol Inf Rinto Wijaya, Kapten Countri Aurora, Ipda Rajab Ilyas dan Ipda Krisna yang melakukan pengejaran dan pencarian terhadap Yonce Lokbere.

Dengan diringkusnya Yonce Lokbere, maka dalam satu pekan terakhir, aparat TNI-Polri telah menangkap 2 anggota KKB Papua yang selama ini teridentifikasi melakukan sejumlah tindak pidana.

Satu anggota KKB Papua yang sebelumnya telah diamankan adalah Yomison Murib alias YM, anak buah Numbuk Telenggen.

Saat ditangkap, baik YM maupun YL tidak melakukan perlawanan sama sekali. Padahal dalam aksi-aksinya, mereka dikenal sangat bengis karena menghabisi korban tanpa rasa takut.

Kasatgas Gakkum Damai Cartenz, Kombes Pol I Gusti Gede Era Adhinata mengatakan, penangkapan terhadap Yonce Lokbere terjadi saat aparat tengah melakukan upaya pembebasan pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen yang saat ini masih disandera KKB Papua.

Era mengatakan, YL berperan sebagai pengumpul senjata, amunisi dan bahan makanan untuk KKB Papua.

Pelaku juga berperan untuk menjaga markas.

"Jadi YL ini dalam pasukan Egianus Kogoya berperan sebagai pengumpul senjata, logistik, amunisi, bahan makanan, serta menjaga markas," ungkap Era kepada Tribun-Papua.com, Senin (10/4/2023) di Timika.

Yonce Lokbere, kata Era, juga terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan, termasuk dalam pembakaran pesawat dan penyanderan pilot Susi Air di Nduga pada 7 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Keponakan Pimpinan KKB Papua Tak Berkutik saat Ditangkap, Ini Sosok Yomison Murib yang Nekat Lewat Depan Markas TNI, Sudah Lama Jadi DPO