Gridhot.ID - Inilah contoh soal kompetensi Pedagogik PPPK Guru 2023, lengkap dengan kunci jawaban.
Sebelum mengikuti ujian atau pretes sebagai calon PPPK Guru 2023 yang akan segera dibuka, setiap peserta harus banyak melakukan latihan soal secara mandiri dirumah.
Adapun kompetensi Pedagogik PPPK Guru berkaitan dengan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, bagaimana guru merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan potensi peserta didik dan mengaktualisasikannya.
Bagi Anda yang membutuhkan contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023 untuk latihan di rumah, berikut contoh soalnya sebagaimana dikutip dari TribunSumsel.com.
Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023
1. Ketika Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan...
a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahanb. Memberi nasihat kepada siswa tersebut untuk mrngganti jadwal ritual keagamaannyac. Menyerahkan keputusannya kepada siswad. Memberi nasihat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidake. Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan utnuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain
Kunci Jawaban : E
2. Dalam pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan. Anda akan melakukan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyab. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintasc. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyad. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyae. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu
Kunci Jawaban : C
3. Guru menggunakan media dalam mengajar karena...
a. Tuntutan kurikulumb. Anjuran KSc. Media membatu siswa agar lebih mudah memahamid. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
Kunci Jawaban : C
4. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah...
a. Kemampuan siswa memahami materib. Keaktifan siswa belajar di kelasc. Keaktifan siswa menulis karangand. Ketrampilan siswa menulis paparan/cerita
Kunci Jawaban : B
5. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan...
a. Kemampuan memahami materib. Siswa mengerjakan tugasc. Kerajinan dan kreatifitas siswad. Hasil belajar siswa secara keseluruhan
Kunci Jawaban : D
6. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja...
a. Berhitung (matematika)b. Memecahkan masalahc. Melakukan percobaand. Membuat karya tulis
Kunci Jawaban : C
7. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut:
(1) Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas(2) Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.(3) Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya(4) Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah...
a. (1), (2), (3)b. (1) dan (2)c. (2) dan (4)d. (1), (2), (3) dan (4)
Kunci Jawaban : A
8. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah…
a. Mempresentasikan hasil diskusib. Membuat karya tulisc. Membuat modeld. Kerjasama dengan kelompok
Kunci Jawaban : B
9. Penggunaan media efektif bila...
a. Dapat membantu guru mempercepat materib. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermainc. Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswad. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
Kunci Jawaban : C
10. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria...
a. Kesesuaianb. Tingkat kesulitanc. Ketersediaand. Kualitas teknis
Kunci Jawaban : D
11. Dalam mengembangkan alat evaluasi guru harus memperhatikan...
a. Kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBMb. Kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkanc. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)d. Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya
Kunci Jawaban: A
12. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan...
a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasanb. Teori yang dipahami guruc. Keinginan dan putusan bersamad. Tersedianya waktu dan dana yang ada
Kunci Jawaban : A
13. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali...
a. Kerja sama mencapai tujuanb. Kemampuan kerja individuc. Saling interaksid. Saling tergantung tapi saling memberi
Kunci Jawaban : B
14. Memilih media, mempertimbangkan...
a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswab. Kecanggihan mediac. Keseuaian media dengan paradigma pembelajarand. Kelengkapan dan kualitas media
Kunci Jawaban : A
15. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria…
a. Kesesuaianb. Tingkat kesulitanc. Ketersediaand. Kualitas teknis
Kunci Jawaban : A
16. Ada siswa yang kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah...
a. Membiarkan saja karena sangat mungkin sesuai tersebut tidak berminat pada mata pelajaranb. Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa-siswa lain yang menunjukkan kemajuanc. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikitd. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnyae. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya
Kunci Jawaban : E
17. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada...
a. Metode pembelajaranb. Pendekatan pembelajaranc. Strategi pembelajarand. Gaya pembelajarane. Kemampuan belajar
Kunci Jawaban : C
18. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini…
a. Intake siswab. Tingkat kesulitanc. Sarana pendukungd. Bakat dan minat siswae. Intake siswa, tingkat kesulitan dan sarana pendukung
Kunci Jawaban : E
19. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut...
a. Fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikapb. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksiomac. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedurd. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedure. Konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
Kunci Jawaban : B
20. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. Kompetensi dasarb. Standar kompetensic. Indikatord. Metode pembelajarane. Sumber belajar
Kunci Jawaban : A
Perlu diingat, ini hanya soal latihan yang sangat mungkin berbeda dengan soal Pedagogik PPPK Guru 2023 yang akan datang.
(*)