Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Tegaskan Jangan Sembarangan Dahulukan Puasa Syawal, Pastikan Hal Ini Selesai Dulu Sebelum Laksanakan Amalan Lain

Buka puasa bersama di Masji Raya Sheikh Zayed, Solo

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang keutamaan menjelaskan puasa syawal.

Namun Ustaz Abdul Somad menegaskan agar menyelesaikan ibadah sebelumnya dahulu seblum melaksanakan puasa syawal.

Berikut penjelasan selengkapnya dari Ustaz Abdul Somad.

Dikutip Gridhot dari Serambinews, puasa syawal adalah ibadah puasa yang dikerjakan di bulan Syawal, dan hukum mengerjakan Puasa Syawal hukumnya sunnah.

Usai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, Umat Islam dianjurkan untuk melanjutkannya dengan puasa selama 6 hari di bulan syawal, atau disebut juga dengan puasa enam.

Mengerjakan puasa sunnah ini memiliki keutamaan yang besar.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ra, disebutkan bahwa berpuasa selama enam hari setara dengan berpuasa selama setahun penuh.

Namun perlu dipahami, jamaah harus sudah menyelesaikan utang puasa Ramadhan dahulu sebelum melaksanakan puasa syawal.

Dikutip Gridhot dari Tribun WOW, Ustaz Abdul Somad atau biasa dipanggil UAS, menjelaskan tentang lebih diutamakan mana puasa syawal atau puasa ganti.

Menurut Ustaz Abdul Somad, puasa ganti atau puasa qadha merupakan ibadah yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

"Ibu-ibu yang kemarin punya utang 7 hari, nanti selesai Ramadhan masuk bulan Syawal Qadha (puasa ganti) dulu 7 hari," jelasnya, dikutip dari TribunStyle.com.

Baca Juga: Hotman Paris Murka, Istrinya Diisukan Sakit Keras dan Minta Diobati Ida Dayak, Fakta Asli Terungkap: Dasar Lu!