Find Us On Social Media :

Camat Kenyam Diduga Danai KKB Papua, Setor Rp 30 Juta untuk Pembelian Amunisi dan Senjata Kelompok Egianus Kogoya, Ini Sosoknya

Ilustrasi Kepala Distrik atau Camat Kenyam ditangkap karena diduga menyiapkan uang untuk amunisi KKB Papua kelompok Egianus Kogoya

Gridhot.ID - Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap Kepala Distrik atau Camat Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan berinisial MM (37), Senin (1/5/2023).

MM diduga menjadi penyumbang dana bagi Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faisal Ramadhani ketika dikonfirmasi Kompas.id, Jumat (5/5/2023).

Menurut Faisal, MM telah ditahan sejak Senin (1/5/2023) atas dugaan memberikan uang sebesar Rp 30 juta bagi KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya untuk membeli amunisi dan senjata.

Faizal mengatakan bahwa penangkapan MM merupakan pengembangan dari kasus Yomce Lokbere.

"Penangkapan Kepala Distrik Kenyam berinisial MM berdasarkan hasil pemeriksaan Yomse Lokbere yang ditangkap pada 12 April 2023. Yomse adalah bawahan Egianus yang bertugas untuk membeli amunisi dan senjata bagi kelompok itu," ungkap Faisal.

MM saat ini telah dibawa ke Mimika, Papua Tengah untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan akan menindak siapa pun yang membantu KKB Papua.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda Papua, Irjen Matius Fakhiri seusai Satgas Damai Cartenz menahan Kepala Distrik Kenyam atas dugaan pendanaan KKB Papua.

"Upaya penegakan hukum bagi kelompok Egianus akan dilakukan secara komprehensif. Siapa pun yang terlibat membantu kelompok Egianus akan ditindak tegas," ucap Mathius, Jumat (5/5/2023).

Berdasarkan data Polda Papua, KKB Papua yang dipimpin oleh Egianus Kogoya terlibat 65 kasus kejahatan dan menewaskan 56 orang.

Baca Juga: Egianus Kogoya Bohong Besar, Klaim KKB Papua Bunuh 16 Prajurit Kostrad, Kapuspen TNI Tunjukkan Fakta Sebenarnya: Pola Teroris!