Find Us On Social Media :

Hanya 6 Orang yang Lolos Seleksi PPPK Teknis Pemprov Babel, Peserta Keluhkan Passing Grade Tinggi dan Soal yang Sulit

Ilustrasi PPPK Teknis 2022.

GridHot.ID - Seleksi PPPK Teknis 2022 mengakibat ribuan peserta tidak lulus menimbulkan keresahan dikalangan peserta.

Pasalnya, dari ribuan peserta PPPK Teknis 2022 yang tidak lulus dikarenakan tidak memenuhi nilai ambang batas atau passing grade yang ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti dikutip dari TribunGayo, hal tersebut membuat ribuan peserta PPPK Teknis 2022 yang gugur massal mengeluhkan penetapan passing grade yang tinggi.

Selain itu juga soal yang diujikan saat seleksi tulis yang menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT) memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Akibatnya, para peserta PPPK Teknis 2022 yang gugur massal tergabung dalam forum Persatuan Tenaga Teknis Indonesia (PTTI) melayangkan protes.

Dikutip dari Bangkapos, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) telah mengumumkan hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintahan dengan Kontrak Kerja (PPPK) tenaga teknis atau umum.

Dari 88 orang pekerja harian lepas (PHL) atau honorer yang mengikuti seleksi PPPK tahun 2022, hanya 6 orang yang lulus nilai ambang batas atau passing grade.

Padahal dalam pengadaan PPPK 2022 ini, pemprov menyiapkan sebanyak 33 formasi berdasarkan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Di antara formasi itu mencakupi, formasi analis SDM aparatur, arsiparis, pengawas alat dan mesinpertanian, pengawas bibit ternak, pengawas mutu pakan, pengelola barang/jasa, pengendalian dampak lingkungan, penyuluh pertanian, pranata humas serta pranata komputer.

Sementara formasi yang terisi dengan kelulusan peserta hanya pada formasi pengawasan bibit ternak 2 orang dari 3 peserta, lalu formasi pengendalian dampak lingkungan 1 orang dari 3 peserta, penyuluh pertanian 2 orang dari 4 peserta dan pranata humas 1 orang dari 1 peserta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah(BKPSDMD) Bangka Belitung, Susanti membenarkanbanyaknya peserta tes PPPK di lingkungan Pemprov Bangka Belitung yang berguguran.

 Baca Juga: Peserta PPPK Teknis 2022 Banyak yang Gugur Massal, Banyak Formasi yang Terancam Tidak Terisi