Find Us On Social Media :

PPPK Pemprov Hanya 6 yang Lulus, Ombudsman Minta Kemenpan-RB Turunkan Passing Grade

Ilustrasi kanal PPPK di website BKN.go.id

GridHot.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) telah mengumumkan hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintahan dengan Kontrak Kerja (PPPK) tenaga teknis atau umum.

Dari 88 orang honorer yang mengikuti seleksi PPPK tahun 2022, hanya 6 orang yang lulus nilai ambang batas atau passing grade.

Padahal dalam pengadaan PPPK 2022, Pemprov menyiapkan sebanyak 33 formasi berdasarkan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti dikutip dari Posbelitung, diantara formasi itu mencakup, formasi analis SDM aparatur, arsiparis, pengawas alat dan mesin pertanian, pengawas bibit ternak, pengawas mutu pakan, pengelola barang/jasa, pengendalian dampak lingkungan, penyuluh pertanian, pranata humas serta pranata komputer.

Ya, seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemprov Bangka Belitung mencatat hanya 6 orang yang lulus.

Padahal ada 33 formasi dalam seleksi PPPK di lingkungan pemerintah provinsi, namun hanya 6 orang tenaga honorer yang lulus.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung, Susanti, saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (5/5/2023) membenarkan hal tersebut.

Susanti menyebutkan dari 33 formasi tersebut ada sekira 88 orang pekerja harian lepas (PHL) yang mengikuti seleksi.

"Malah ada formasi yang gak lulus, kalau gak lulus gimana dong, mereka gak memenuhi passing grade," ujar Susanti.

"Walaupun yang ikut seribu dari formasi itu, kalau gak satu pun yang lulus, mau ga menerima pegawai yang tidak sesuai kompetensi?," lanjutnya.

Disebutkan Susanti, 6 orang yang lulus tersebut mengisi formasi penyuluh pertanian, pranata humas dan pengawas bibit ternak.

 Baca Juga: Tahap Akhir PPPK Guru 2022 Diperpanjang, Cek Jadwal Terbarunya dan Cara Unggah Dokumen Wajib