Find Us On Social Media :

Mabes Polri Berhasil Tangkap 1 Terduga Anggota KKB Papua, Pernah Terlibat Aksi Kejahatan di Yahukimo, Terungkap Inilah Sosoknya

Ilustrasi KKB Papua.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Mabes Polri dikabarkan menangkap salah satu terduga pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua berinisial KTA alias PH pada Jum'at (19/5/2023) sekira pukul 13.30 WIT.

"Telah diamankan salah satu terduga kelompok KKB inisial KTH alias PH," ucap Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Minggu (21/5/2023).

Adapun dalam penangkapan KTH alias PH ini, merupakan proses pendalaman usai pihaknya berhasil menangkap salah seorang tersangka lainnya berinisial AS yang juga merupakan anggota KKB.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Tribunnews, 22 Mei 2023, AS sendiri merupakan tersangka penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tahun 2022 silam.

"Tim investigasi dibantu penyidik Polres Yahukimo melakukan konfirmasi dengan menunjukan foto KTH alias PH kepada AS," ujar Ramadhan.

Usai ditujukan foto tersebut, lalu AS pun mengakui bahwa KTH alias PH merupakan salah satu pimpinan KKB.

"Juga dikonfirmasi berdasarkan hasil pencarian data kependudukan melalui alat mambis yang terduga pimpinan KKB yaitu KTH alias PH yang bertempat tinggal di Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan," sebutnya.

Usai berhasil ditangkap, polisi pun kini telah menetapkan KTH alias PH sebagai tersangka lantaran telah ditemukan dua alat bukti dari tangan yang bersangkutan.

Adapun dua alat bukti merupakan dari keterlibatan KTH alias PH dalam peristiwa penembakan yang dilakukan terhadap anggota Brimob pada 30 November 2022 lalu.

Baca Juga: Foto Ciuman Verrell Bramasta dengan Athalla Naufal Ternyata Direkam Sosok Ini, Sulung Venna Melinda Duga Ada yang Ingin Jatuhkan Kariernya

"Saat ini pimpinan Kelompok KKB KTH alias PH telah diserahkan kepada tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan diamankan di Gedung Ditreskrimum Polda Papua," pungkasnya.