Find Us On Social Media :

Terkikis Sudah Kekuatan KKB Papua, 13 Pentolan OPM Tobat dan Menyerah Kembali ke NKRI, Janji Siap Kerjasama dengan TNI Polri

Pentolan KKB Papua menyerahkan diri ke TNI dan bersumpah kembali ke NKRI.

Gridhot.ID - TNI Polri masih terus berusaha menumpas KKB Papua sampai ke akar-akarnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, dilaporkan Polri telah berhasil menangkap salah satu pimpinan KKB Papua di Yahukimo, Papua Pegunungan.

Polri menangkap terduga pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) berinisial KTH alias PH yang beberapa kali terlibat aksi kejahatan di wilayah hukum Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan mengatakan, KTH ditangkap jajaran Polres Yahukimo dan tim Damai Cartenz pada Jumat (19/5/2023).

“Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT, telah diamankan salah satu terduga KKB dengan inisial KTH alias PH,” kata Ramadhan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/5/2023).

Selain itu, TNI bersama Satgas Damai Cartenz juga masih terus berusaha menyisir pedalaman hutan Papua untuk bisa segera membebaskan pilot Susi Air yang disandera Egianus Kogoya.

Di tengah segala operasi tersebut, KKB Papua nampaknya sudah mulai kehilangan tenaga untuk melawan.

Bahkan dilaporkan ada beberapa pentolan yang sudah bertobat dan memilih untuk kembali ke pelukan NKRI.

Kabar baik tersebut datang dari Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Pasalnya dikutip Gridhot dari Tribun Papua, 10 orang anggota dan 3 pimpinan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Kabupaten Maybrat menyatakan diri untuk kembali ke pangkuan NKRI.

Belasan orang itu diterima diterima langsung Danrem 181/Praja Vira Tama (PVT) Sorong, Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan.

Baca Juga: 5 Weton yang Dikenal Punya Pendirian Sekuat Baja Ini Tak Pernah Menyerah Meski Dihadapkan dengan Rintangan dan Kesulitan