Find Us On Social Media :

Siswi SMP Lawan Pemkot Jambi dan Perusahaan China demi Cari Keadilan untuk Neneknya, Nasibnya Kini Dipolisikan, Mahfud MD Turun Tangan

Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP yang dilaporkan usai mengkritik Pemkot Jambi.

GridHot.ID - Viral siswi SMP bernama Syarifah Fadiyah Alkaff yang dipolisikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot Jambi). Mahfud MD lantas turun tangan.

Sebagaimana diketahui dari TribunJabar.id, Syarifah Fadiyah Alkaff dilaporkan ke polisi usai mencari keadilan untuk neneknya dengan menyuarakan kritikannya terhadap Pemkot Jambi.

Kritikannya itu memprotes aktivitas sebuah perusahaan yang telah merusak rumah neneknya.

Secara khusus, Syarifah mengkritik Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan salah satu perusahaan China karena diduga melanggar Perda Nomor 4 tentang Angkutan Jalan.

Menurut Syarifah, Pemkot Jambi dan perusahaan tersebut telah melanggar aturan itu melalui penandatanganan nota kerja sama dengan surat 02/PKS/HKU2019.

"Saya menyuarakan untuk keadilan nenek saya, seorang pejuang kemerdekaan RI yang dizalimi rumah dan sumurnya dirusak berkali-kali oleh perusahaan China yang bekerja sama dengan Pemkot Jambi yang tidak bertanggung jawab ini," ujar Fadiyah, dalam salah satu videonya di akun TikTok miliknya, @fadiyahalkaff.

Syarifah mengatakan rumah neneknya, Habsah, rusak karena selama hampir 10 tahun Pemkot Jambi mengizinkan truk bertonase 20 ton melewati jalan warga.

Padahal, menurutnya jalanan tersebut hanya diperuntukkan bagi kendaraan berbobot 5 ton.

Selain itu, Syarifah Fadiyah Alkaff juga mengkritik perusahaan yang semestinya fokus pada pembangkit listrik tenaga uap.

Namun menurutnya perusahaan itu malah menjadi perusahaan kayu hutan.

"Akibat dari mobil bertonase besar yang melebihi kapasitas jalan. Selain dari rusaknya hutan yang menjadi gundul dan hilangnya habitat hewan, sehingga jadi longsor, banjir, bahkan setiap tahun hampir terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan juga merusak rumah dan sumur nenek Habsah. Berkali-kali beliau perbaiki sendiri tanpa ada bantuan dari perusahaan tersebut," kata Syarifah.

Baca Juga: Viral Bocah SMP Viral Nekat Lawan Perusahaan China dan Pemkot Jambi Gara-gara Ini, Mahfud MD Turun Tangan Kirim Tim: Lindungi