Find Us On Social Media :

Nadiem Makarim Digeruduk Protes Agar Wisuda TK-SMA Dihapuskan, Kemendibud Peringatkan Sekolah Lakukan Hal Ini

(ilustrasi) Mendikbudristek Nadiem Makarim memantau pelaksanaan tes ASN PPPK yang diikuti guru honorer di sekolah negeri di Solo, Senin (13/9/2021).

Gridhot.ID - Viral protes yang dilayangkan para orang tua murid terkait pengadaan acara wisuda kelulusan TK SD SMP hingga SMA.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, protes ini dilayangkan karena sebagian orang tua merasa keberatan dengan adanya acara tersebut.

Gibran Rakabuming Raka mengakui tidak terlalu mempermasalahkan acara wisuda kelulusan TK-SMA yang dibuat meriah ala mahasiswa.

Namun dirinya menyatakan agar acara wisuda sekolah tersebut tidak diadakan di hotel.

"Ya sak-sak e (ya terserah,-Red). Ya kalau orang tuanya nggak protes yo rapopo tapi nggak harus di hotel," tambah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Gibran pun mengakui kalau acara kelulusan tersebut sah-sah saja dijalankan karena pada dasarnya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup.

Sementara itu, Nadiem Makarim juga kena imbas akibat protes terkait acara wisuda mewah ini.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews.com, Jumat (16/6/2023), protes soal wisuda TK hingga SMA itu muncul di berbagai media sosial di antaranya di Facebook dan Instagram.

Di Instagram, protes dan keluhan soal wisuda TK hingga SD itu juga terlihat jelas di kolom komentar postingan Instagram Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Nadiem mengunggah soal anak-anak SMK yang berhasil tampil dalam ajang fashion di luar negeri di akun pribadinya, @nadiemmakarim.

Bukannya mengomentari postingan Nadiem, mayoritas netizen justru berkomentar soal wisuda di TK, SD, SMP, dan SMA yang dianggap tidak penting dan memberatkan orang tua.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Bau Busuk Menyengat Tercium dari Rumahnya, Penyanyi Legendaris Ini Meninggal Dunia dalam Kondisi Mengenaskan