Find Us On Social Media :

Hacker Cina Sedang Beringas, Indonesia Diminta Waspada dan Siaga Tingkat Tinggi, Data Penting Ini yang Diincar

Ilustrasi hacker

Gridhot.ID - Hacker menjadi salah satu sosok yang harus diwaspadai di internet.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, hacker adalah peretas yang terampil dalam mengeksplorasi celah keamanan di perangkat lunak atau jaringan komputer.

Hacker sendiri kerap disandingkan dengan aktivitas kejahatan.

Pasalnya para hacker bisa mencuri data penting yang dirahasiakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan mereka.

Kini hacker menjadi salah satu isu yang sedang disoroti dunia.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews Bogor, sejumlah negara di dunia saat ini tengah menyoroti aksi kelompok peretas dari China yang diduga menargetkan pemerintah Kenya.

Komplotan peretas China ini menargetkan kementerian utama, termasuk Kementerian Luar Negeri dan Keuangan serta Departemen Luar Negeri.

Peretasan tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang utang kepada Beijing oleh negara Kenya, yang menjadi penghubung strategis dalam Inisiatif China Road and Bridge Corporation (CRBC).

Menanggapi hal ini, Dewan Pimpinan Pusat Pelajar Islam Indonesia (DPP PII) mengingatkan negara-negara dunia khususnya Indonesia yang memiliki hubungan kerja sama dengan Tiongkok, untuk mewaspadai dugaan aksi spionase Beijing.

Wakil Bendahara Umum DPP PII, Furqan Raka mengatakan peretasan tersebut memanfaatkan kemampuan spionase guna memantau dan melindungi kepentingan ekonomi dan strategis di luar negeri.

"Dari berbagai laporan media, disebutkan hal ini dilakukan Beijing karena CRBC sedang dalam proses menghentikan operasinya di Kenya dan pindah kembali ke China dalam waktu dekat," kata Furqan Raka kepada wartawan, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: 5 Arti Kedutan di Mata Kiri, Hati-hati Jika Kelopak yang Mengalami