Find Us On Social Media :

Para Pekerja di DKI Jakarta Diramalkan Bakal Paling Banyak Digusur AI, Kok Bisa?

Artificial Intelligence atau AI

Gridhot.ID - Artificial Intelligence atau AI menjadi salah satu hal yang sedang disoroti di era ini.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, AI adalah kecerdasan buatan yang dilakukan oleh komputer atau robot untuk melakukan berbagai tugas yang biasa dilakukan manusia secara manual.

Saat ini, telah banyak sektor pekerjaan yang yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada teknologi artificial intelligence yang dapat melakukan atau menggantikan manusia sepenuhnya.

Biasanya penggunaan teknologi artificial intelligence diterapkan di aplikasi umum seperti game, terjemahan bahasa, expert systems, hingga robotika.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, dari 38 provinsi yang ada di Indonesia, DKI Jakarta diprediksi menjadi provinsi yang paling terdampak kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Hasil analisis Kompas.id, menunjukkan bahwa 14 dari 38 provinsi memiliki angka rata-rata paparan AI pada 22 persen tenaga kerja di Indonesia. Tingkat paparan AI di DKI Jakarta sendiri mencapai 31,7 persen.

Angka tersebut diikuti oleh Kepulauan Riau 27,7 persen, Banten 27,6 persen, Jawa Barat (Jabar) 25,5 persen, dan DI Yogyakarta (DIY) 25,5 persen.

Hal ini tidak terlepas dari struktur ekonomi di wilayah tersebut dan sebaran jumlah tenaga kerja pada 17 sektor yang ada.

Lima provinsi tersebut memiliki pekerja yang bekerja di sektor perdagangan besar dan eceran serta sektor informasi dan komunikasi.

DKI Jakarta misalnya, memiliki pekerja yang bekerja di sektor perdagangan besar dan eceran sebanyak 25 persen dan sektor informasi dan komunikasi sebesar 2,5 persen.

Baca Juga: Video Syur 8 Detik Mirip Syahnaz Viral, Ekspresi Amy Qanita Saat Ngemall Bareng Ibu Jeje Disorot Netizen: Gak Natural Banget