Find Us On Social Media :

KKB Egianus Kogoya Bukan Dalangnya, Inilah Sosok yang Ancam Akan Tembak Pilot Susi Air, Bermukim di Papua Nugini

Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Marthens disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

GridHot.ID - Nasib pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 belum ada kepastian.

KKB sebelumnya telah melancarkan ultimatum kepada pemerintah Indonesia dengan memberikan batas waktu negosiasi hingga Sabtu (1/7/2023).

Dalam ultimatum itu, KKB mengancam akan menembak pilot Susi Air apabila negosiasi melewati waktu yang telah ditentukan.

Melansir antaranews.com, Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadani menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan terkait ancaman tersebut.

Dari hasil penyelidikan terungkap bahwa ancaman penembakan terhadap pilot Susi Air bukan berasal dari Egianus Kogoya.

"Diduga pengancaman itu dilakukan kelompok KKB pimpinan Jefry Pegawak yang saat ini diduga bermukim di Papua Nugini," kata Faizal, di Jayapura, Senin (3/7/2023).

Dikatakan, ancaman penembakan terhadap pilot berkebangsaan Selandia Baru itu pertama kali diupload akun atas nama NT dan NT merupakan kelompok Intan Jaya.

"Kelompok itu hanya mencari sensasi yang dilakukan kelompok KKB lain dan bukan bagian dari kelompok KKB Egianus Kogoya," jelas Faizal.

Dijelaskan, di Papua ada beberapa kelompok KKB yang menyampaikan ancaman pembunuhan terhadap pilot Susi Air dari bukan dari kelompok Egianus Kogoya, melainkan dari kelompok Jefry Pagawak.

Lebih lanjut, Faizal mengatakan bahwa kondisi pilot Susi Air hingga Minggu (2/7/2023) dalam keadaan sehat.

Sementara itu, proses negosiasi yang diinisasi Kapolda Papua dan Pangdam bersama dengan stakeholder baik itu dari gereja maupun pemerintah daerah masih terus berjalan.

Baca Juga: Polda Papua Ungkap Bisa Penuhi Satu Permintaan Komandan KKB Papua Egianus Kogoya Agar Pilot Susi Air Bebas dengan Selamat