Find Us On Social Media :

Polisi Siap Bayar Uang Tebusan Rp 5 Miliar ke KKB Papua Egianus Kogoya, Pengamat: Tidak Ada Salahnya Jika Pilot Susi Air Dibebaskan

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengungkap bahwa KKB Papua meminta uang tebusan Rp 5 miliar sebagai syarat melepas Kapten Philips Marthen.

Gridhot.ID - KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya disebut meminta uang tebusan Rp 5 miliar sebagai syarat untuk membebaskan pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen.

Terkait dengan permintaan KKB Papua, Co-founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi buka suara.

Ia menilai, pemerintah telah memberi batas kepada KKB Papua dengan menyiapkan uang tebusan untuk menyelamatkan nyawa pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut. 

Khairul Fahmi mengatakan bahwa uang tebusan yang diminta oleh KKB Papua merupakan bagian dari negosiasi.

Dalam hal ini, kata dia, batas maksimum atas permintaan yang diajukan KKB Papua hanya sampai pada angka uang tebusan, bukan yang lain.

"Tawaran itu masih merupakan bagian dari negosiasi. Melalui tawaran yang disertai penolakan untuk mengakomodir tuntutan referendum dan senjata, pemerintah sekaligus telah menyampaikan dan menunjukkan ambang batas negosiasi," kata Fahmi saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Ia menambahkan, komunikasi antara pemerintah melalui stakeholders terkait dengan kelompok itu tak boleh mengalami kebuntuan yang justru dapat berakibat fatal.

Diketahui, KKB Papua sebelumnya mengancam akan menembak pilot Susi Air bila keinginan mereka tidak dipenuhi.

"Karena itu tidak ada salahnya jika pemerintah menyodorkan tawaran memberi sejumlah uang jika pilot Susi Air dibebaskan," ucap Fahmi.

"Selanjutnya tinggal menunggu tanggapan pihak KKB atas tawaran itu. Apakah akan menerima dengan syarat tertentu misalnya, atau akan menolak dan memperbarui tuntutannya," kata Fahmi.

Sebelumnya, Polda Papua mengungkap bahwa KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya meminta tebusan uang sebanyak Rp 5 miliar sebagai syarat melepas Kapten Philips Marthen.

Baca Juga: Pimpinan KKB Papua Tak Bisa Melawan saat Ditangkap, Ini Sosok Kopi Tua Heluka yang Lakukan 4 Aksi Kejahatan Ini di Yahukimo