Find Us On Social Media :

Dijanjikan Uang Rp3 Miliar tapi Dapatnya Sampah dan Kertas Kosong, Pria Bandung Laporkan Dukun Pengganda Uang di Sukabumi ke Polisi

ILUSTRASI - Ritual dukun pengganda uang.

GridHot.ID - Pria bernama Asep Burhanudin (72) mengaku menjadi korban dukun pengganda uang di Sukabum, Jawa Barat. Ia mengaku dijanjikan uang Rp3 miliar tapi yang didapatnya malah sampah dan kertas kosong. 

Pria asal Ciparaay, Kabupaten Bandung, itu lantas membuat laporan ke polisi pada Minggu (2/7/2023).

Ia melapor dengan dugaan kasus penipuan dan penggelapan uang.

Melansir TribunJabar.id, Kapolsek Sukaraja Kompol Dedi Suryadi membenarkan adanya laporan tersebut.

Dedi mengatakan pihaknya telah menangkap pelaku yang bernama Hidayatullah pada Senin (3/7/2023).

"Setelah itu, kita langsung lidik dan menangkap pelaku sekira pukul 07.00 WIB di sebuah kontrakan di wilayah Kampung Legoknyenang, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja," ujar dia dikutip dari TribunJabar.id, Kamis (6/7/2023).

Selain meringkus pelaku, petugas kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa berbagai jenis minyak wangi, dupa, dan beberapa kardus yang berisikan sampah serta kertas kosong yang dibungkus lakban hitam.

"Saat beraksi pelaku itu menggunakan barang-barang klenik seperti berbagai jenis minyak wewangian dan dupa merek Gunung Kawi agar korbannya percaya. Biasanya ada ritual kalau sudah ada syarat gitu," paparnya.

Modus pelaku

Berdasarkan pemeriksaan sementara, modus operandi pelaku awalnya mengajak korban kerja sama untuk menarik atau mengambil uang amanah yang bernilai triliunan.

Setelah itu, pelaku mengiming-imingi jika nantinya uang tersebut cair, korban akan diberi uang sebesar Rp3 miliar.

Baca Juga: Artis Cantik yang Pernah Main di Film Warkop Ini Sekarang Jualan Tahu Sumedang di Pinggir Jalan, Dulu Pernah Jadi Dukun Penyembuh Bak Ida Dayak