Bank Soal BUMN 2023, Ini Contoh Soal TKB untuk Staff Pelayanan Pelanggan, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Minggu, 16 Juli 2023 | 06:42
HO/TribunKaltara.com

Ilustrasi contoh soal Tes Kemampuan Bidang (TKB) BUMN untuk Staff Pelayanan Pelanggan atau Customer Service

Gridhot.ID - Inilah contoh soal Tes Kemampuan Bidang (TKB) BUMN untuk Staff Pelayanan Pelanggan, lengkap dengan kunci jawaban.

Diketahui, tes online tahap 1 (TKD dan tes AKHLAK) Rekrutmen Bersama BUMN telah dilaksanakan pada 12-20 Juni 2023.

Kemudian tes online tahap 2 (tes Bahasa Inggris) Rekrutmen Bersama BUMN akan digelar pada 16-20 Juli 2023 dan pengumumannya dijadwalkan pada bulan Agustus 2023.

Bagi peserta yang lolos tes Bahasa Inggris, maka akan lanjut ke tahap Tes Kompetensi Bidang (TKB) BUMN yang dijadwalkan pada 9-24 Agustus 2023.

Tahapan ini akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN dengan tujuan untuk menguji kemampuan peserta dengan bidang formasi yang dilamar.

Misalnya peserta melamar posisi akuntan maka soal yang diberikan terkait dengan akuntansi.

Sedangkan peserta melamar di posisi calon staff teknis, maka tes yang diberikan di bidang teknik atau engineering.

Nah, bagi Anda yang melamar posisi Staff Pelayanan Pelanggan, berikut contoh soal TKB untuk persiapan ujian BUMN, dikutip dariYouTube Persona Channel Test.

1. Beberapa hal yang harus dilakukan customer service dalam menangani keluhan dalam kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut, kecuali...

a. Mengungkapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan b. Menunjukkan keingingan dibantu c. Menunjukkan kepedulian d. Melakukan klarifikasi keluhan pelanggan e. Meminta maaf atas ketidaknyamanan

Kunci Jawaban : B

Baca Juga: Bank Soal BUMN 2023, Ini Contoh Soal Bahasa Inggris atau English Ability Test, Lengkap dengan Kunci Jawaban

2. Beberapa hal positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut, kecuali...

a. Meningkatkan ketersedian informasi b. Meningkatkan kehadiran c. Meningkatkan kemampuan komunikasi d. Meningkatkan penguasaan produser e. Meningkatkan waktu pelayanan

Kunci Jawaban : E

3. Beberapa manfaat menggunakan teknologi customer relationship management pada layanan customer service adalah sebagai berikut, kecuali...

a. Mengurangi biaya pelayanan b. Mencatat proses pelayanan c. Mencatat data pelanggan d. Membantu proses transaksi e. Mengurangi kesalahan transaksi

Kunci Jawaban : A

4. Cara menyampaikan solusi dengan tepat dan pelanggan memahami solusi yang diberikan, customer service membutuhkan kemampuan berikut ini...

a. Ketrampilan bertanya b. Ketrampilan presentasi c. Ketrampilan pelayanan d. Ketrampilan negoisasi e. Ketrampilan menyimak

Kunci Jawaban : B

5. Salah satu metode pemberdayaan yang tepat dilakukan untuk pengembangan bagi customer service yang mempunyai masalah atas kinerjanya adalah...

a. Perintah penugasan b. Pendelegasian tugas c. Memberikan terapi d. Memberikan nasihat e. Pelatihan keterampilan

Kunci Jawaban : E

Baca Juga: Bank Soal BUMN 2023, Ini Contoh Soal TKB PT KAI, Lengkap dengan Kunci Jawaban

6. Pelayanan customer service dapat dibedakan dalam beberapa kategori. Berikut ini adalah contoh pelayanan yang termasuk dalam kategori transaksi, kecuali...

a. Pendaftaran internet berlangganan b. Pembelian top up pulsa c. Penutupan rekening tabungan d. Pembayaran tagihan bulanan e. Penawaran promosi TV berbayar

Kunci Jawaban : E

7. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan customer service menyelesaikan permasalahan pelanggan adalah sebagai berikut, kecuali...

a. Memberikan simulasi kasus pelayanan b. Mempersiapkan prosedur kerja c. Melakukan briefing secara berkala d. Memberikan pelatihan berkelanjutan e. Membangun disiplin kerja

Kunci Jawaban : E

8. Beberapa jenis pelayanan dapat ditangani di customer service. Salah satu pelayanan yang dapat ditangani di customer service yang bersifat transaksi adalah...

a. Keterlambatan pengiriman tagihan b. Perubahan alamat penagihan c. Informasi produk tambahan d. Promosi produk berlangganan e. Pendaftaran berlangganan

Kunci Jawaban : E

9. Beberapa jenis pelayanan dapat ditangani di customer service. Salah satu jenis pelayanan yang dapat dilayani oleh customer service yang bersifat permintaan adalah...

a. Penggantian produk b. Pencetakan ulang tagihan c. Promosi produk berlangganan d. Keterlambatan pengiriman tagihan e. Pembayaran biaya berlangganan

Kunci Jawaban : B

10. Berbagai tantangan dihadapi customer service dalam melayani. Besarnya resiko atas pelanggan yang harus dilayani oleh customer service adalah salah satu tantangan yang bersifat...

a. Waktu kerja b. Beban kerja c. Kualitas pekerjaan d. Disiplin kerja e. Nilai pekerjaan

Kunci Jawaban : A

Perlu diingat, ini hanya soal latihan yang sangat mungkin berbeda dengan soal Rekrutmen BersamaBUMN 2023 yang akan datang.

Baca Juga: Bank Soal BUMN 2023, Ini Contoh Soal TKB untuk Staff Akunting Finance, Lengkap dengan Kunci Jawaban

(*)

Tag

Editor : Candra Mega Sari

Sumber YouTube