Find Us On Social Media :

Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka September, Ada 1 Juta Lebih Formasi, 80 Persen untuk PPPK

Ilustrasi pendaftaran CASN 2023 dibuka pada bulan September mendatang

Gridhot.ID - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana melakukan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 pada bulan September mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

"(Dibuka) September 2023 ini mulai, kan kita tetapkan dulu formasinya. Sudah kami usulkan ke Kementerian Keuangan. Saya sudah sampaikan ke kementerian dan lembaga juga," ujar Anas dikutip dari Kompas.com.

Anas menyampaikan, pemerintah akan membuka formasi sebanyak 1.030.000 di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023.

Dari 1.030.000 formasi yang diusulkan, 80 persennya untuk PPPK dan 20 persen dibuka bagi para fresh graduate (lulusan baru).

"80 persennya untuk PPPK, lalu fresh graduate 20 persen," ujar Anas.

Anas mengatakan, dengan pembagian formasi seperti itu, pemerintah mengharapkan CPNS 2023 bisa menyelesaikan persoalan tenaga honorer.

Sekaligus, kata dia, memberikan kesempatan kepada fresh graduate yang akan mengabdi kepada negara.

"Yang 20 persen untuk fresh graduate. Nah, fresh graduate ini apa saja sekarang masih kami utamakan yang talenta digital," tutur Anas.

"Tentu nanti yang fresh graduate kriterianya akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat tempat di kementerian dan lembaga, maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia," ujar dia.

Lebih lanjut, Anas mengungkapkan, formasi CASN 2023 sebenarnya masih dalam proses penghitungan.

Baca Juga: Bank Soal PPPK 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Soal P3K Formasi Fisioterapis Ahli Pertama, Pendaftaran Dibuka September