Find Us On Social Media :

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Dokter Pertama yang Peringatkan Wabah Covid Meninggal Dunia Terinfeksi, Polisi Sempat Peringatkan Penemuannya

Ilustrasi - Rumah sakit mini yang langsung dibuat satgas covid-19

Gridhot.ID - Innalillahi wa innailaihi rojiun, sosok dokter yang pertama kali memperingatkan wabah covid atau corona ini meninggal dunia.

Meski telah lama meninggal dunia, namanya terus dikenang berkat jasanya memperingatkan banyak orang.

Sosok tersebut adalah Dokter Li Wenliang.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Dokter Li Wenliang, yang pertama kali memperingatkan adanya virus corona di China, meninggal dunia.

Kala mengingatkan adanya wabah virus itu, dokter Li Wenliang sempat mendapatkan peringatan dari polisi.

Melansir dari South China Morning Post, meninggalnya dokter tersebut telah dikonfirmasi Rumah Sakit Pusat Wuhan.

Li Wenliang (34) meninggal dunia pada Jumat (7/2/2020) pukul 02.58 waktu setempat karena terinfeksi virus corona.

“Dalam perang melawan epidemi pneumonia dari infeksi coronavirus baru, dokter mata rumah sakit kami, Li Wenliang, sayangnya terinfeksi. Dia meninggal setelah semua upaya yang kami lakukan untuk menyadarkannya. Kami sangat berduka atas kematiannya,” demikian pernyataan perwakilan pihak rumah sakit melalui akun resmi Weibo, seperti dikutip SCMP.

Menanggapi berpulangnya dokter Li, pengguna media sosial di China ramai dengan komentar yang meminta pihak berwenang meminta maaf atas perlakuan mereka terhadap Li saat ia mengingatkan bahaya virus corona.

“Teguran dokter Li akan memalukan dalam sejarah anti-epidemi China. Dokter Li memberi tahu masyarakat dengan mengorbankan nyawanya. Kantor polisi Wuhan masih belum mengingat pemberitahuan teguran itu, bahkan setelah kematiannya," kata seorang pengguna Weibo.

Pada 30 Desember 2019, Li memperingatkan teman-teman seprofesinya dalam sebuah grup percakapan online tentang penyakit mirip SARS yang diderita beberapa pasien di Rumah Sakit Wuhan.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Pemenang Big Brother Indonesia Ini Meninggal Dunia, Sudah Bilang ke Sahabat kalau Umurnya Tidak Lama