Find Us On Social Media :

Lowongan Kerja di Bidang AI Meningkat Pesat, Ini 10 Skill yang Paling Dibutuhkan

Kecerdasan buatan atau bisa disebut dengan Artificial Intelligence (AI)

Gridhot.ID - Perkembangan teknologi kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) bak pisau bermata dua.

AI mendapat pujian karena dapat meningkatkan produktivitas, tapi di sisi lain AI juga dikhawatirkan dapat menggeser pekerjaan yang biasa dilakukan manusia.

Bahkan, lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan AI kini dilaporkan meningkat lebih dari 1.000 persen pada kuartal II-2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Setidaknya begitulah fenomena di pasar kerja global di Upwork, situs freelance (pekerja lepas) terkenal.

Berkat fenomena AI boom (ledakan AI) generatif, ini menciptakan lebih banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan di pasar kerja.

Misalnya, peran seperti Deep learning engineer, pengembang chatbot AI, prompt engineer, anotator data, seniman di situs AI generatif gambar Stable Diffusion and Dall-E artists, spesialis OpenAI Codex, ahli etika AI, dan banyak lagi.

Di samping itu, fenomena AI boom ini turut membuat perusahaan merekrut banyak pekerja baru untuk mengembangkan AI, sebagaiaman dihimpun KompasTekno dari CNBC, Senin (14/9/2023).

Menurut studi Upwork, hampir setengah dari manajer perekrutan berencana untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja lepas dan karyawan penuh waktu guna mengakomodasi peningkatan kebutuhan terhadap pekerjaan kreatif yang berbasis AI.

10 pekerjaan yang dibutuhkan di tengah AI yang makin populer

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) juga memublikasi riset soal kecerdasan buatan dan dunia kerja.

Menurut riset bertajuk Future of Jobs Report 2023, pada 2027, keberadaan AI bakal menciptakan 2,6 juta lapangan kerja baru.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Tak Bakal Digantikan AI, Tak Ada Alasan untuk Nganggur!