Find Us On Social Media :

Tarzan Srimulat Punya Pangkat Militer Demi Bisa Cari Sesuap Nasi di Masa Pemberantasan PKI: Saat Itu Perang Urat Syaraf!

Tarzan Srimulat

Gridhot.ID - Tarzan Srimulat bukanlah nama baru di dunia hiburan Indonesia.

Dikutip Gridhot dari Tribun Jatim, Tarzan Srimulat atau yang bernama asli Toto Muryadi ini merupakan anggota dari grup lawak legendaris Srimulat.

Tarzan sebelumnya sempat bergabung di grup lain seperti Lokakarya.

Besar di panggung tradisional, Tarzan selalu membawakan penampilan yang sangat merakyat.

Kesuksesannya bahkan membuat dirinya bisa bermain di berbagai film besar.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Tarzan sudah lebih dari 50 tahun bergelut dengan dunia lawak.

Salah satu yang melekat darinya adalah atribut militer yang sering ia kenakan.

Ternyata, seragam militer yang sering digunakan Tarzan tak hanya sekadar properti saat menghibur penonton, melainkan ada kisah panjang di baliknya.

Tarzan masih mengingat betul bagaimana dirinya menjadi seniman saat terjadi peristiwa huru-hara 1965 yang sering di sebut sebagai Peristiwa G30S.

Saat itu, kata Tarzan, gonjang-ganjing politik itu juga merembet ke dunia seni, di mana semua kegiatan seniman harus di bawah sepengetahuan militer.

“Sebelumnya ada perjalanan (karier) ludruk Kodam ludruk Brimob, jadi saya tahun 65-66 waktu gencarnya (penumpasan) PKI, itu seniman enggak boleh main kalau enggak di bawah naungan ABRI, jadi saya ikut Brimob Batalyon 412,” ucap Tarzan seperti dikutip dari kanal YouTube Rhoma Irama Official, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Dianggap Belum Masuk Uji Klinis WHO, Vaksin Ciptaan negara Komunis Ini Justru Diklaim Ampuh 100 Persen Mencegah Kematian karena Covid-19