Find Us On Social Media :

6 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Jadi HRD Perusahaan

Ilustrasi bekerja menjadi HRD

Gridhot.ID - Profesi di bidang Sumber Daya Manusia (Human Resources, HR) telah berkembang menjadi salah satu bidang yang sangat dicari dan penting dalam dunia bisnis.

HRD (Human Resources Development) adalah bagian integral dari keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola tenaga kerja dan sumber daya manusia.

Jika Anda tertarik untuk memasuki karier HRD yang dicari banyak perusahaan, berikut adalah beberapa jurusan kuliah yang dapat membantu Anda meraih tujuan ini.

1. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management):

Pilihan yang paling langsung dan relevan adalah jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurusan ini fokus pada aspek-aspek penting dalam manajemen SDM seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, kompensasi, dan hukum ketenagakerjaan.

Memahami teori dan praktik manajemen SDM adalah dasar yang kuat untuk karier HRD yang sukses.

2. Psikologi:

Jurusan Psikologi memberikan pemahaman mendalam tentang perilaku manusia, komunikasi, motivasi, dan dinamika sosial. Ini sangat berguna dalam memahami dan berinteraksi dengan karyawan.

Psikologi membantu HRD dalam mengelola masalah seperti konflik, stres, dan perubahan organisasi dengan lebih baik.

3. Manajemen Bisnis:

Manajemen Bisnis memberikan pemahaman tentang dasar-dasar bisnis, kepemimpinan, dan strategi yang penting dalam pekerjaan HRD.

Baca Juga: Jurusan Kuliah yang Paling Diburu pada Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023