Find Us On Social Media :

BLT DBHCH di Kabupaten Semarang Mulai Dikucurkan, Ratusan Buruh Tani Pasti Kebagian, Ini Nominal yang Didapat

BLT DBHCHT mulai dikucurkan kepada penerima manfaat di Kabupaten Semarang.

Gridhot.ID - BLT alias bantuan langsung tunai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) mulai dikucurkan kepada penerima manfaat di Kabupaten Semarang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Suratno menjelaskan, sebanyak 2.459 orang menerima BLT DBHCHT, salah satunya pekerja informal.

Melansir dari laman https://jatengprov.go.id/, para penerima BLT DBHCHT tersebar di 189 desa/kelurahan di 19 kecamatan.

Menurutnya, para penerima dipastikan belum pernah menerima bantuan langsung tunai sebelumnya.

Para penerima telah melewati proses verifikasi dan validasi oleh tim terpadu melibatkan TKSK, pemerintah desa / kelurahan, dan instansi terkait lainnya. Sehingga, bantuan diterima warga yang benar-benat membutuhkan.

"Penerima terdiri dari buruh tani dan buruh pabrik rokok. Termasuk yang terkena pemutusan hubungan kerja. Selain itu, juga warga kurang mampu atau berpotensi kekurangan," terangnya.

Disampaikan, berdasarkan data dari Dinsos, ada 821 buruh tani dan 1.638 keluarga kurang mampu yang menerima bantuan.

Baca Juga: BLT alias Bantuan Langsung Tunai Cair Lagi, Siap-siap Bansos BPNT Rp 400 Ribu Masuk Kantong, Cek Namamu di Link Ini

Para penerima, akan mendapat bantuan langsung senilai Rp 300 ribu per bulan, selama empat bulan, namun diterimakan dalam satu kali kesempatan.

Total dana bantuan yang diserahkan sebesar Rp 2.950.800.

Salah satu warga Dusun Kendal Desa Tajuk, Getasan, Sudardi (29) tak mampu menyembunyikan rasa harunya saat menerima bantuan ini.

"Baru pertama kali ini saya mendapat bantuan uang tunai sebanyak ini. Akan saya gunakan untuk menambah modal usaha," katanya, saat ditemui di halaman Kantor Kecamatan Getasan, Selasa (10/10/2023).

(*)