Find Us On Social Media :

Angin Segar Buat Para Pekerja, Kemenaker Pastikan Upah Minimum Tahun 2024 Naik, Ini Perhitungannya

Ilustrasi - kenaikan upah minimum 2024

GridHot.ID - Angin segar buat para pekerja. Upah minimum (UM) tahun 2024 dipastikan naik.

Kepastian kenaikan upah minimum itu dikatakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Melansir Kompas.com, kenaikan upah minimum sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang baru diterbitkan pada Jumat (10/11/2023).

"Kenaikan upah minimum ini adalah bentuk penghargaan kepada teman-teman pekerja/buruh yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi kita selama ini," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resmi, Jumat.

Formula kenaikan upah minimum 2024

Kepastian kenaikan upah minimum 2024 diperoleh melalui penerapan formula UM dalam PP Nomor 51 Tahun 2023.

Menurut Ida, formula UM tahun depan mencakup tiga variabel, di antaranya:

Indeks tertentu ditentukan oleh Dewan Pengupahan Daerah dengan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata atau median upah.

Sebagai informasi, Dewan Pengupahan adalah lembaga non-struktural yang bersifat tripartit dan bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah.

Adapun saran dan pertimbangan tersebut diberikan dalam rangka perumusan kebijakan pengupahan dan pengembangan sistem pengupahan nasional.

Baca Juga: Dulu Hanya Digaji Rp 200 Ribu Per Bulan, Guru Honorer Kini Bisa Nikmati Gaji Jutaan Rupiah Berkat Aksi Ganjar Pranowo, Ini Kisahnya yang Mengharukan

Tak hanya itu, faktor-faktor yang relevan dengan kondisi ketenagakerjaan juga menjadi pertimbangan lainnya dalam indeks tertentu atau alfa.