Find Us On Social Media :

Pecahkan Rekor, Gaun Malam Putri Diana Ini Harganya Naik 11 Kali Lipat, Kini Laku Dilelang Rp 17,8 Miliar

Putri Diana mengenakan gaun rancangan Jacques Azagury dalam tur kerajaan ke Italia di tahun 1985.

 

Gridhot.ID - Gaun malam yang dikenakan mendiang Putri Diana terjual seharga 1,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 17,8 miliar di pelelangan.

Harga fantastis itu memecahkan rekor sebagai gaun Putri Diana termahal yang pernah dilelang, demikian disampaikan oleh balai pelelangan Julien's Auctions yang berbasis di Los Angeles, Minggu (17/12/2023).

Mengutip dari Kontan.co.id dan Kompas.com, awalnya gaun itu diperkirakan terjual 'hanya' seharga 100-200 ribu dollar AS.

Namun tak disangka harganya melonjak hingga 11 kali lipat dari perkiraan harga yang ditetapkan oleh balai pelelangan.

"Julien's sekarang memegang rekor dunia baru untuk gaun termahal yang dikenakan oleh Putri Diana yang dijual di lelang," katanya dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa rekor lelang sebelumnya adalah US$604.800.

Adapun gaun Putri Diana itu terdiri dari korset beludru hitam panjang yang disulam dengan bintang-bintang biru dan rok organza biru dua tingkat yang dihiasi selempang dan pita.

Putri Diana pertama kali mengenakan gaun malam panjang balerina karya desainer Jacques Azagury di Florence itu pada tahun 1985.

Baca Juga: 'Itu Camilla!' Terbongkar Momen Putri Diana Menangis saat Charles Pamit Tur Sebelum Pernikahan, Ternyata Ini yang Dilakukan Cinta Pertama Raja Inggris III

Gaya balerina pada rok merupakan tribute untuk posisi Putri Diana sebagai pelindung English National Ballet sekaligus hobinya pada teknik tarian tersebut.

Ibu Pangeran William itu juga sempat memakainya ulang dalam kunjungan ke Vancouver Symphony Orchestra di tahun 1986.

Gaun ini dijual sebagai bagian dari penjualan "Hollywood Legends" selama empat hari oleh Julien's Auctions dan Turner Classic Movies (TCM), yang menampilkan berbagai memorabilia.

Sebelumnya, blus sifon merah muda yang dikenakan Putri Diana untuk potret pertunangannya dengan Pangeran Charles di tahun 1981 oleh Lord Snowdon terjual dengan harga 381 ribu dollar AS.

Blus karya David dan Elizabeth Emanuel yang kemudian mendesain gaun pengantin Putri Diana ini memiliki perkiraan harga 80-100 ribu dollar AS.

(*)