Find Us On Social Media :

10 Bulan Disandera KKB Papua, Kondisi Pilot Susi Air di Momen Natal Terungkap, Rambutnya Kini Gondrong dan Brewokan

Kondisi pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen yang sudah 10 bulan disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Gridhot.ID - Sudah 10 bulan pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Hingga saat ini, pemerintah telah berupaya melakukan pendekatan untuk membebaskan Kapten Philips Marthen, namun belum berhasil.

Kasatgas Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramadhani menyebut pembebasan pilot asal Selandia Baru itu tidak bisa dilakukan pihaknya sendiri, namun semua pihak.

"Jadi semua unsur TNI-Polri, pemerintah terlibat dan Damai Cartenz berada dalam konteks penegakan hukum," ungkap Kombes Faizal kepada Tribun-Papua.com, Rabu (20/12/2023) di Posko Damai Cartenz Mile 32, Mimika.

Kombes Faizal mengatakan, pendekatan dialog untuk membebaskan pilot Susi Air juga terus dilakukan.

Adapun penanganan kasus ini disusul dengan penegakan hukum dilakukan Satgas Damai Cartenz.

"Ini dapat dilihat dari jumlah penanganan kasus yang ditangani Satgas Operasi Damai Cartenz selama tahun 2023. Intinya penegakan hukum tahun ini jauh lebih banyak dari tahun 2022," tandasnya.

Selain itu, Kombes Faizal menjelaskan bahwa Kapten Philips masih dalam keadaan sehat, walau belum bisa diselamatkan.

Pihaknya memastikan bahwa setiap saat aparat keamanan selalu mencari cara untuk mengetahui keadaan sandera.

"Kita kan terus melakukan pemetaan, terus melakukan update terkait keberadaan pilot, hal itu terus menerus kita lakukan. Sambil memastikan bahwa pilot dalam keadaan sehat, itu yang paling utama," ujarnya saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (5/12/2023).

Mengenai kapan terakhir infomasi itu didapatkan, Faizal hanya mengatakan bahwa hal itu dipastikan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: 10 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB Papua, Begini Kondisi Kapten Philips, Panglima Agus: Kita Kedepankan Operasi Teritorial