Find Us On Social Media :

Pilot Susi Air Sudah Hampir Setahun Disandera, Terungkap Alasan Sulit Bebaskan Kapten Philip dari KKB Papua

Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang sudah hampir setahun disandera KKB Papua.

GridHot.ID - Sudah hampir setahun Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens disandera Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua.

Sekitar sebulan lalu, KKB kelompok Egianus Kogoya memamerkan foto terkini pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

Aparat keamanan pun membeberkan mengapa sampai saat ini Philip Mark Mehrten belum bisa dibebaskan.

Dikutip dari TribunKaltim, ada sejumlah kendala yang dialami oleh aparat untuk membebaskan sang pilot yang satu di antaranya adalah karena dijaga ketat oleh seorang pimpinan KKB bernama Egianus Kogoya.

“Pilot masih belum bisa kita selamatkan, karena posisi dijaga ketat Egianus Kogoya,” kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno saat dihubungi, Kamis (25/1/2024).

Bayu mengatakan upaya komunikasi untuk membebaskan Kapten Philip terus dilakukan dengan mengedepankan Pejabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge sebagai negosiator pembebasan.

“Pj Bupati Nduga yang intens (berkomunikasi). Melibatkan (Saatgas Damai Cartenz), Kami di belakang untuk penegakkan hukumnya. Karena Egianus Kogoya hanya percaya ke Pj Bupati karena ada hubungan keluarga,” ujarnya.

Namun demikian, Bayu mengungkap proses negosiasi juga tidak berjalan mulus. Karena, (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge beberapa kali mendapatkan serangan dari KKB.

“Sudah sering (kendala). Hampir mati juga karena helicopter bupati ditembakkan KKB,” tuturnya.

Meski Begitu, Bayu tetap memastikan sampai saat ini terus menjaga agar tercipta jalan tengah. Dengan tidak membiarkan kehendak dari para KKB untuk memisahkan diri dari Indonesia (Papua Merdeka).

“Pembebasan itu bukan hanya tugas ODC, kami fokusnya ke pemberantasan KKB, hal ini sesuai rencana operasi. Pembebasan sandera ini tugas negara. Seluruh aparatur dan K/L mengemban tugas itu krn yg disandera kan WNA,” kata dia.

 Baca Juga: Anggota KKB Papua Yusak Sondegau Pakai Senjata SS 1 Buatan Pindad untuk Serang Satgas Damai Cartenz, Intip Spesifikasinya