Find Us On Social Media :

KKB Papua di Maybrat Kalang Kabut Markasnya Dikuasai TNI, Manfred Fatem dan Anak Buahnya Lolos dari Sergapan, Dansatgas Yonif 133/Yudha Sakti Buka Suara

Ilustrasi KKB Papua

GridHot.ID - Aparat TNI berhasil duduki markas KKB Papua Kodap IV/Sorong Raya pimpinan Manfred Fatem di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Aksi TNI itu berhasil setelah beberapa hari melaksanakan patroli dan ambush (penyergapan).

Melansir tribun-papua.com, baku tembak meletus di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah selama sepekan terakhir.

Kontak tembak diketahui melibatkan aparat gabungan TNI-Polri kontra Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Akibat dari baku tembak tersebut, tujuh anggota KKB dilaporkan tewas.

Status siaga keamanan bahkan sempat diberlakukan di wilayah itu.

Selain itu, ratusan warga dari tiga kampung dikabarkan sempat mengungsi ke pos TNI lantaran takut mejadi sasaran konflik bersenjata.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, tewasnya 7 anggota KKB menjadi beban bagi Undius Kagoya, pimpinan KKB di wilayah itu.

“Dari informan dalam (KKB) menyampaikan perkembangan terkini menjadi Lima orang tewas dan dua orang terluka, saat ini dirawat di markas mereka,” ujar Gusti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/1/2024).

“Oni Kobogau, Yusak Sondegau, Zakius Sondegau, Melkias Matani alias Harisatu Nambagani dan Agusti, dinyatakan tewas, sementara Jaringan Belau dan Kanus Kogoya terluka dan dirawat oleh KKB,” sambungnya.

Sekadar diketahui, kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB berlangsung sejak 19 hingga 23 Januari 2024.

Baca Juga: Kekuatan KKB Papua Hancur, Markas Milik Manfred Fatem di Maybrat Berhasil Dikuasai Satgas Yonif 133/YS, Cuma Segini Amunisi Mereka...