Find Us On Social Media :

Kekuatan KKB Papua Numbuk Telenggen dan Jacky Murib Menipis, 2 Anggotanya Terpaksa Ditembus Peluru Aparat Usai Bakar Puskesmas

Numbuk Telenggen salah satu komandan KKB Papua

Gridhot.ID - KKB Papua tak henti-hentinya melakukan serangan brutal baik ke masyarakat maupun ke aparat.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sebelumnya KKB Papua sempat menembaki Forkompimda di Intan Jaya.

Akibat serangan tersebut, satu anggota TNI Satgas Yonif 330 terluka dalam adu tembak.

Peristiwa tersebut terjadi saat unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Intan Jaya, Papua Tengah, menggelar rapat di Distrik Sugapa, pada Senin (29/1/2024).

"Kita sedang mengupayakan perdamaian di sana, Pemda dan seluruh Forkompinda Intan Jaya melaksanakan rapat di kantor bupati, mereka (KKB) tembaki, tetapi tembakan itu tidak mengenai sasaran hanya mengenai tembok dan pagar," kata Pangdam di Jayapura, Kamis (1/2/2024).

Satu anggota TNI terluka dalam peristiwa itu.

"Rekoset dari proyektil itu mengenai anggota kami sehingga menderita luka ringan saja," ujar dia.

Pihak TNI pun melakukan pengejaran dan pengamanan.

Distrik Sugapa yang sebelumnya mencekam akibat serangan KKB Papua kini sudah mulai kondusif meski masih ada yang nekat melakukan penyerangan jarak jauh.

"Mereka sudah mundur, tetapi masih ada satu-dua yang mengganggu dan kami tekankan kepada mereka, apabila mereka menganggu keamanan, kami akan bertindak, dan ketika kami bertindak, kami akan menggunakaan kekuatan penuh," ujar Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan.

Belum lama dari kejadian tesebut, KKB Papua kembali melakukan serangan brutal dengan cara membakar sebuah puskesmas.

Baca Juga: Sulitnya Membebaskan Pilot Susi Air, KKB Serang Helikopter Negosiator, Egianus Kogoya Diduga Akan Sandera Istri Philip Mehrtens