Find Us On Social Media :

Saingan dengan Titiek Soeharto, Ini Sosok MY Esti Wijayati yang Unggul Sementara dari Mantan Istri Prabowo di Suara Caleg Dapil DIY

Politisi PDI-P sekaligus petahana DPR RI Dapil DIY, MY Esti Wijayanti (kiri) dan Titiek Soeharto (kanan)

Gridhot.ID - Perolehan suara mantan istri Prabowo Subianto, Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto yang mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024 ramai jadi sorotan.

Diketahui, Titiek Soeharto maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan data real count KPU yang diakses di situs pemilu2024.kpu.go.id, perolehan suara Titiek Soeharto hingga Sabtu (17/2/2024) pukul 10.00 WIB terbilang cukup tinggi, yakni memperoleh 60.610 suara.

Namun, ternyata ada caleg lain yang jauh mengungguli Titiek, yakni MY Esti Wijayati dari PDI-P dengan perolehan suara mencapai 104.491.

Lantas, siapa sebenarnya MY Esti Wijayati?

Melansir dari Wikipedia, MY Esti Wijayati atau Maria Yohana Esti Wijayati lahir 17 Juni 1968.

Ia adalah politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sekaligus anggota DPR RI dua periode (periode 2014-2019 serta 2019-2024).

Ia terpilih mewakili daerah pemilihan sekaligus Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua Pemilu Legislatif (2014 dan 2019).

Beliau adalah alumni SMA II IKIP Pakem (SMA Negeri 1 Pakem) dan Universitas Sanata Dharma dan pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sleman serta Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta untuk periode sebelumnya.

Untuk periode 2019-2024, beliau ditempatkan di Komisi X yang mengurus pendidikan, perpustakaan, kepemudaan, pariwisata, ekonomi kreatif, dan agama dengan mitra antara lain Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Agama.

Ia pernah tergabung ke dalam jajaran "Dewan Kolonel" (kelompok anggota DPR RI yang mendukung pencalonan Puan Maharani sebagai Presiden Indonesia untuk Pemilihan umum Presiden 2024) yang ada di PDI Perjuangan.

Baca Juga: Kunto Aji Pamer Pakai Seragam, Ini Potret Sang Penyanyi Jadi Linmas di Pemilu 2024, Ngaku Tak Ada Job dan Ditawari Bu RT