Find Us On Social Media :

Potong Teralis Besi dengan Gergaji, 16 Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur Lewat Ventilasi, Kapolres: yang Tahu Tolong Laporkan

Ilustrasi tahanan penjara kabur.

GridHot.ID - Pihak kepolisian kini masih memburu 14 tahanan yang kabur dari rutan Polsek Metro Tanah Abang pada Senin (19/2/2024).

Dilansir dari Tribunnews, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan kejadian belasan tahanan kabur tersebut terjadi pada dini hari tadi sekira pukul 02.40 WIB.

"Saat itu Polsek Tanah Abang mendapat laporan warga belakang bahwa ada sekelompok orang tidak dikenal berlarian," kata Susatyo dalam keterangannya, Senin.

Selanjutnya, kata Susatyo, anggota Polsek Metro Tanah Abang melakukan pengecekan ke ruang tahanan dan diketahui jika salah satu sel sudah kosong.

"Kemudian Polsek melakukan pengecekan ruang tahanan dan didapati satu ruang sel ventilasinya terbuka," ucapnya.

Kemudian, petugas jaga juga melihat ke arah luar ventilasi tahanan tersebut. Di sana, terlihat ada tali yang diikat ke arah luar Polsek Metro Tanah Abang.

Berdasarkan laporan dari Jurnalis Kompas TV Trixie Valencia, para tahanan ini kabur dengan cara memotong teralis besi menggunakan gergaji.

Polisi telah menemukan adanya gergaji yang tidak jauh dari lokasi kaburnya 16 tahanan. Selain itu, ditemukan juga ikatan kain sajadah yang terjuntai, diduga digunakan untuk kabur.

Divisi Propam Polres Metro Jakarta Pusat pun memanggil 10 anggota Polsek Tanah Abang untuk mendalami dugaan kelalaian anggota yang menyebabkan belasan tahanan kabur.

Hal yang menjadi perhatian Propam Polres Metro Jakarta Pusat adalah siapa anggota yang menjaga saat tahanan kabur, skema pemeriksaan keluar masuk barang, dan penjagaan tahanan saat beraktivitas di dalam sel tahanan.

Pihak Propam juga mendalami cara para tahanan mendapatkan gergaji untuk memotong teralis besi.

 Baca Juga: 53 Tahanan Kabur, Ada yang Ledakkan Petasan di Ruang Komandan, Kemenkumham: Petugas Kami Sempat Terancam!