Find Us On Social Media :

Pindah Haluan dari Goliath Tabuni, Ini Sosok Anggota KKB Papua yang Ditangkap di Ilaga, Tercatat 11 Kali Lakukan Aksi Kejahatan

Satgas Ops Damai Cartenz menangkap anggota KKB Papua bernama Alenus Tabuni alias Kobuter di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Gridhot.ID - Satu anggota KKB Papua berhasil diamankan Satgas Ops Damai Cartenz 2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Melansir dari Tribun-Papua.com, anggota KKB Papua yang diamankan itu bernama Alenus Tabuni alias Kobuter.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, Alenus ditangkap saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat pada Minggu (18/2/2024).

Petugas mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan anggota KKB Papua itu, diantaranya selembar uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 5.000.

Selain itu, yang disita dari tangan Alenus ada pula kikir besi, 1 buah handphone merek Nokia dan beberapa temuan aksesoris lainnya.

"Ditangkap di depan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat," kata Kombes Faizal, Selasa (20/2/2024).

Faizal mengungkapkan Alenus merupakan anggota KKB Papua yang namanya telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

"Alenus Tabuni alias Kobuter terlibat dan memiliki peran penting dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di wilayah Puncak," katanya.

Faizal menjelaskan Alenus awalnya tergabung dalam kelompok KKB Papua pimpinan Goliath Tabuni. Namun demikian, ia kemudian gabung dengan Numbuk Telenggen.

Adapun peran dari Alenus dalam aksi kejahatan yang dilakukan KKB Papua, di antaranya terlibat pembakaran base camp PT Unggul tanggal 11 Februari 2021 di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kemudian, pada 14 April 2021, ia terlibat penembakan tukang ojek bernama Udin di dekat balai Kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal.

Baca Juga: 119 Kotak Suara Pemilu Disabotase KKB Papua, Perangkat Distrik di Intan Jaya Trauma Ikut Jadi Korban, Begini Kronologinya

Lalu, pada 24 April 2021, Alenus melakukan pemukulan terhadap Kepala Distrik Gome, Nius Tabuni di Distrik Gome.