Find Us On Social Media :

Cerita Sedih Nenek Pagi Dimakamkan Siang Dipindah Paksa, Keluarga Mbah Sumila Nelangsa Jenazah Dipermalukan

Proses pembongkaran makam lansia di Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Sabtu (24/2/2024).

Gridhot.ID - Warga berbondong-bondong membongkar kuburan nenek Ti'a alias mbah Sumila (70) warga Dusun Krajan, Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari Jember, Jawa Timur, Sabtu (24/2/2024) siang pukul 13.00.

Padahal, janazah wanita lanjut usia tersebut baru dikebumikan di tempat ini pada Sabtu pagi (24/2/2024), sekira pukul 07.00 WIB oleh anggota keluarganya.

Dilansir dari TribunJember, setelah berhasil menggali kuburan tersebut, warga pun mengangkat jenazah lansia ini dari dalam liang lahat untuk dipindahkan.

Kemudian, warga memikul mayat lansia itu dengan melantunkan bacaan tahlil sambil berjalan kaki, menuju tanah anggota keluarganya almarhum.

Setelah berjalan sejauh seratus meter dari lokasi sebelumnya, warga pun kembali mengubur jenazah wanita ini di liang lahat yang baru.

"Tidak boleh dimakamkan di sini, disuruh pindah sama Pak Lurah (mantan kepala desa), padahal baru tadi pagi dimakamkan."

"Ya Allah, ayo semua bantu menggali, kasian almarhumah," ujar warga yang merasa prihatin dan ikut membantu menggali makam tersebut, kepada SURYAMALANG.COM.

Suari, selaku keponakan almarhum jenazah tersebut, mengungkapkan buleknya dimakamkan di tanah tersebut, karena sebelumnya memang lahan ini dijadikan tempat pemakaman jenazah lebih dari 30 tahun.

"Di sini juga sudah ada puluhan makam. Itu area pemakaman leluhur kami yang tua-tua, karena memang itu makam keluarga, gak tau kok area tanah makam ikut terjual," paparnya.

Menurutnya, lahan makam jenazah bibinya tersebut kabarnya telah dijual oleh pemilik tanahnya.

Sehingga, dia diminta segera memindahkan lokasi liang lahat buleknya itu.

 Baca Juga: 5 Jasad Keluarga yang Dibunuh di PPU Dikubur dalam Satu Liang Lahat, Tangis Warga Pecah di Pemakaman, Korban Dikenal Baik