Find Us On Social Media :

Kaki Tangan Yotam Bugiangge Tewas Ditembak, Ini Sosok Otniel Giban, Anggota KKB Papua yang Terlibat Penyerangan Wings Air

Otniel Giban alias Bolong Giban, anggota KKB Papua yang tewas dalam penggerebekan di Yahukimo

Gridhot.ID - Seorang anggota KKB Papua ditembak mati oleh aparat keamanan di Kali Brasa, Dekai, Yahukimo pada Kamis (22/2/2024).

Ia adalah Otniel Giban alias Bolong Giban yang merupakan anggota KKB Ndugama yang aktif di Batalyon Wosak, pimpinan Yotam Bugiangge.

Yotam Bugiangge sendiri merupakan mantan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili yang telah dipecat setelah menghilang sejak 17 Desember 2021.

Yotam Bugiangge kabur sambil membawa satu pucuk senjata SS-2 V1 saat melaksanakan tugas jaga.

Adapun tindakan dilakukan aparat keamanan terhadap Otniel Giban berawal ketika adanya penembakan pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo pada Sabtu (17/2/2024) lalu.

Tak hanya itu, penembakan oleh KKB Papua juga mengakibatkan Pratu Ongen R. Dori, anggota Kodim 1715 Yahukimo, mengalami luka lecet pada leher sebelah kiri akibat serpihan kaca yang terkena peluru.

Ka Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, dari hasil pemeriksaan oleh penyidik pihaknya mengindentifikasi bahwa, dari foto-foto lama di media sosial dan dokumen video kejadian di masa lalu mirip dengan terduga KKB Papua Otniel Giban.

"Otniel beralamat di Kabupaten Nduga yang selama ini termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo dengan DPO/08/VIII/2022/Reskrim, pada bulan Agustus 2022," katanya kepada Tribun-Papua.com.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menjelaskan bahwa dari hasil penyidikan di RSUD Dekai Yahukimo, terdapat barang bukti yang melekat di tubuh Otniel Giban.

Barang bukti itu berupa, 1 lembar baju warna loreng, 1 buah gelang berwarna hitam, biru dan merah, 1 buah gelang, 4 buah gelang bermotif bintang kejora.

"Ada juga 1 buah kalung yang terbuat dari tali berwarna hitam, 2 buah kalung bermotif bintang kejora, 1 buah cincin berwarna silver, dan 1 buat tali berwarna hitam," jelas Bayu.

Baca Juga: Lari dari Tugas Gondol Senjata TNI, Ini 5 Fakta soal Yotam Bugiangge, Sosoknya Gabung KKB Papua dan Jadi Dalang Penembakan di Yakuhimo