Find Us On Social Media :

Pilot Susi Air Masih di Sarang KKB Papua, Ini Profil Mayjen TNI Izak Pangemanan, Minta Semua Pihak Bersabar Soal Pembebasan Kapten Philip Karena 1 Hal

Pilot Susi Air Kapten Philip diapit dua orang KKB

GridHot.ID - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merthens sudah setahun lebih disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Diketahui bahwa pilot Susi Air itu telah disandera KKB Papua sejak 7 Februari 2023 silam.

Ini sosok Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan yang menyoroti pembebasan Pilot Susi Air dari KKB Papua.

Melansir tribunjambi.com, penyanderaan yang dilakukan oleh pimpinan KKB Papua Egianus Kogoya itu terjadi sejak 27 Februari 2023 silam.

Hingga kini upaya pembebasan pria asal Selandia Baru itu masih terus dilakukan dengan bernegosiasi terhadap kelompok separatis tersebut.

Terbaru, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 bertemu dengan pihak Kedubes Selandia Baru dengan pihak Indonesia.

Pertemuan tersebut dibenarkan oleh Kasatgas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani.

Dia mengungkap, pertemuan tersebut bertujuan demi membebaskan Philip.

"Komitmen bersama (membebaskan Philip) terungkap saat pertemuan dengan Atase Polisi pada Kedubes Selandia Baru di Jakarta Paul Laurence Borell yang berlangsung di Posko Damai Cartenz Timika, Selasa (27/2/2024)," kata Faizal, Rabu (28/2/2024), dikutip Kompas.com dari Antara.

Kendala Negosiasi

Kombes Faizal mengungkapkan bahwa proses negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air hingga kini terus berjalan.

Baca Juga: 1 Tahun Pilot Susi Air Disandera KKB Papua Tanpa Titik Temu Negosiasi, Pemerintah Selandia Baru Puji Setinggi Langit Para Polisi