Find Us On Social Media :

CPNS 2024 Dimulai Mei, 4 Instansi Ini Buka Formasi untuk Lulusan SMA/SMK Tanpa Syarat Sertifikat Pendukung

Pendaftaran CPNS 2024

Gridhot.ID - Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Mei 2024 mendatang.

Sebelumnya, telah diumumkan kebutuhan formasi CPNS 2024 sebanyak 690.822, terdiri dari 207.247 formasi di instansi pusat dan 483.575 formasi di instansi daerah.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), direncanakan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 dilaksanakan lebih dari satu kali, sebagai bentuk fleksibilitas penataan ASN di Tanah Air.

Direncanakan, tahap pertama seleksi CPNS dijadwalkan dibuka pada Mei 2024.

"Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Jumat (29/3/2024).

Adapun rekrutmen CASN 2024 akan dibuka untuk seleksi CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan sekolah kedinasan.

Lulusan SMA dan SMK juga bisa mendaftarkan diri untuk CPNS dan PPPK tanpa harus memiliki sertifikat pendukung.

Berdasarkan tahun sebelumnya, berikut 4 instansi yang tidak mensyaratkan sertifikat untuk rekrutmen CPNS dan PPPK, dikutip dari Tribun-Medan.com.

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenham)

Untuk formasi yang bisa ditempati para lulusan SMA dan SMK tanpa sertifikat adalah Pemeriksaan Keimigrasian dan Penjaga Tahanan.

2. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Baca Juga: CPNS 2024 Dibuka Mei, Ini Jabatan yang Akan Diisi Fresh Graduate