Find Us On Social Media :

Pakai Wanita dan Anak-anak Sebagai Tameng Hidup, KKB Papua dapat Peringatan Keras untuk Segera Bebaskan Pilot Susi Air

Pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen masih desandera oleh anggota KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Gridhot.ID - Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens hingga kini masih berada dalam genggaman KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sudah setahun lebih Philip Mark Mehrtens disandera oleh KKB Papua.

Sebelumnya, KKB Papua melalui Sebby Sambom mengaku sempat akan membebaskan pilot Susi Air tersebut pada 7 Februari 2024 lalu.

Namun janji tersebut hanya manis di bibir saja.

Pihak Egianus Kogoya masih belum melepaskan Philip sama sekali hingga akhirnya TNI Polri masih harus bersiaga ketat dalam misi pembebasan ini.

Meski begitu, dalam beberapa kesempatan KKB Papua membagikan kondisi kapten Philip yang diketahui terlihat sehat.

Meski tubuhnya makin kurus dan juga rambutnya kian berntakan, Philip masih berada dalam kondisi yang tidak memperihatinan.

Namun tetap saja penyanderaan ini memberikan dampak yang panjang dalam misi perdamaian di Papua.

Dikutip Gridhot dari Pos Kupang, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan), Letjen TNI Richard Tampubolon mengultimatum Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua untuk segera membebaskan pilot Susi Air, Capt Philips Mark Mehrtens.

“Segera melepaskan Pilot Philips Mark Merhtens, karena penawanan pilot tersebut itu justru sangat menghambat transportasi masyarakat OAP (orang asli Papua) termasuk suplai logistik, khususnya distrik terisolir,” ungkap Richard dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Selain itu, Richard meminta KKB menghentikan pembantaian terhadap warga sipil dan untuk berhenti menyerang aparat.

Baca Juga: Liciknya KKB Papua, Sembunyi di Tikungan Sambil Hujani Polisi yang Patroli dengan Tembakan Peluru, Diserang Balik Langsung Kabur Terbirit-birit