Find Us On Social Media :

Sosok Abubakar Kogoya, Komandan KKB Papua yang Tewas Ditembak Aparat, Jejaknya Sadis Pernah Serang Kantor Freeport di Mimika

Dokumentasi anggota KKB Papua, Abubakar Kogoya yang tewas ditembak aparat

Gridhot.ID - Dua anggota KKB Papua ditembak mati di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (4/4/2024).

Satgas Damai Cartenz 2024 berhasil mengidentifikasi dua jenazah yang telah ditembak mati itu.

Mereka adalah Abubakar Kogoya alias Abubakar Tabuni, usia sekitar 28 tahun, beralamat di Kampung Utikini, Distrik Tembagapura.

"Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni sebagai Komandan Operasi Umum Kodap 8 Intan Jaya," kata Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz AKBP Faizal Ramdhani di Timika, Jumat (5/4/2024).

Kedua, yakni Demianus Magai alias Natan Wanimbo. Hal ini dibuktikan dengan KTP yang melekat pada jenazah dengan keterangan tempat tanggal lahir di Timika 24 Desember 2003, alamat Lamopi Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika.

"Berdasarkan hasil pengecekan data KTP elektronik (KTP El) bahwa identitas jenazah sesuai KTP," ujar Faizal.

"Kami juga sudah cek ke jaringan KKB Gusby Waker di Lapas bahwa Demianus Magai sehari-hari dikenal dengan nama Natan Wanimbo," ujarnya.

Sementara Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal Richard TH Tampubolon mengatakan, kontak tembak berawal saat aparat mendengar letusan senjata api di kawasan Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Kamis sore.

Aparat gabungan TNI-Polri kemudian bergerak menuju sumber suara serta berlanjut aksi kontak tembak.

"Pasca kontak tembak, ditemukan dua korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satu di antaranya adalah Abubakar Kogoya, beserta sebuah pucuk pistol. Adapun di pihak TNI-Polri nihil kerugian jiwa maupun senjata," kata Richard dalam keterangan yang diterima Kompas.id, Jumat (5/4/2024).

Sosok Abubakar Kogoya

Baca Juga: Dituding Sebby Sambom Jadi Antek-antek TNI, Demianus Magai Kini Tewas Ditembak, Ini Sosoknya yang Jadi Panglima KKB Tapi Tak Diakui