Find Us On Social Media :

Dituduh KKB Papua Jadi Intel yang Menyamar, Jhonsep Salempang Tewas Dibunuh di Yahukimo, Padahal Ini Profesi Aslinya

Seorang warga sipil bernama Jhonsep Salempang dihabisi KKB Papua di Kabupaten Yahukimo pada Sabtu (30/3/2024) lalu.

Gridhot.ID - Aksi keji dilakukan anggota KKB Papua di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Seorang warga sipil bernama Jhonsep Salempang dihabisi secara kejam lalu jasadnya dibuang begitu saja di pinggir jalan.

Atas kejadian itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan bertanggungjawab atas pembunuhan Jhonsep Salempang di Kabupaten Yahukimo pada Sabtu (30/3/2024) lalu.

Melansir dari Tribun-Papua.com, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut Kodap XVI Yahukimo di bawah komando Elkius Kobak sebagai dalang pembunuhan sadis.

Sebby menuding korban mata-mata TNI yang menyamar sebagai distributor air minum kemasan galon.

"TPNPB Kodap XVI Yahukimo di bawah pimpinan Tiruan Boni Sobolim dan pasukannya berhasil bunuh satu anggota TNI yang menyamar sebagai distributor galon air selama ini di Yahukimo," klaim Sebby dalam keterangan resminya, Senin (1/4/2024).

Ia menegaskan, pembunuhan murni dilakukan anggota TPBPB setelah sebelumnya melakukan pemantauan terhadap aktivitas korban.

"Oleh karena itu, pihak TNI dan Polri jangan tangkap masyarakat sembarang, karena pembunuhan ini murni dilakukan oleh pasukan TPNPB Yahukimo," jelasnya.

Diketahui, korban dibunuh secara sadis menggunakan senjata tajam di Jalan Bandara, Distrik Dekai, Yahukimo pada Sabtu (30/3/2024).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, insiden itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIT.

"Saat itu korban yang bekerja sebagai pengantar galon, sedang dalam perjalanan menuju kota."

Baca Juga: Dituding Sebby Sambom Jadi Antek-antek TNI, Demianus Magai Kini Tewas Ditembak, Ini Sosoknya yang Jadi Panglima KKB Tapi Tak Diakui