Find Us On Social Media :

CPNS Gelombang I Dibuka Mei, Ini Formasi yang Diprioritaskan untuk Penempatan IKN

Ilustrasi formasi CPNS 2024 untuk penempatan IKN

Gridhot.ID - Pemerintah memastikan akan mengadakan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), termasuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2024.

Rencananya, pendaftaran CASN tahun ini akan dilakukan sebanyak 3 gelombang, dimana periode I dibuka Mei 2024.

Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta.

Dari jumlah itu, Kementerian PANRB telah menetapkan total formasi sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

Lantas, adakah kriteria prioritas untuk CPNS 2024?

Talenta digital dari fresh graduate

Melansir dari Kompas.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, terdapat beberapa prioritas CPNS 2024, salah satunya lulusan baru atau fresh graduate yang memiliki kemampuan digital.

Menurutnya, pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Arah kebijakan ini dinilai akan mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, hingga perdagangan.

"Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor hilir, seperti digital marketing, tetapi juga di sektor hulu di lini produksi," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024).

Anas mencontohkan, pada daerah basis pertanian, pemerintah akan merekrut ASN talenta digitalisasi sektor pertanian untuk membantu para petani lokal.

Baca Juga: CPNS 2024 Dibuka Mei, Lulusan Ma'had Aly Bisa Ikut Seleksi, Ini Formasi yang Dibutuhkan