Find Us On Social Media :

Ditembak Mati Pasukan Elite TNI, Jenazah 2 Anggota KKB Papua Tak Diambil Keluarga, Ini Identitas dan Jejak Kriminalnya

Anggota KKB Abubakar Kogoya dan Demianus Magai tewas ditembak aparat gabungan TNI-Polri

Gridhot.ID - Pasukan elite TNI-Polri dari Satgas Damai Cartenz terlibat kontak senjata dengan KKB Papua di kawasan Kali Kabur, Mile 69 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (4/4/2024).

Dalam peristiwa itu, dua anggota KKB Papua bernama Abubakar Kogoya dan Demianus Magai tewas tertembak.

"Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala menembak mati dua anggota KKB wilayah Mimika," ungkap Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faisal Ramadhani dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2024)

Tak hanya menembak anggota KKB Ppaua, tim juga menyita barang bukti senjata api laras pendek jenis sig sauer beserta 1 magasin dan amunisinya.

Sementara Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan, keluarga dari anggota KKB Papua yang tewas tidak ada yang mengambil jenazah.

Kedua jenazah akhirnya dimakamkan di Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Jejak kriminal Abubakar Kogoya

Dalam keterangan lain, Kombes Faisal mengungkapkan, Abubakar Kogoya tercatat terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan di Intan Jaya dan Mimika.

Salah satunya, saat Abubakar Kogoya terlibat dalam penembakan sejumlah karyawan PT Freeport Indonesia di kawasan perkantoran Kuala Kencana, Mimika pada 30 Maret 2020.

Penembakan itu menewaskan Graeme Thomas Weal (57), pegawai asal Selandia Baru yang tertembak di bagian perut.

Sementara dua pegawai lain mengalami luka serius, yakni Jibril Bahar (49) dan Ucok Simanungkalit (52). Ada pula 4 pegawai lain yang mengalami luka ringan.

Baca Juga: Kronologi PNS Inspektorat Yahukimo Tewas Ditikam OTK, Benarkah Pelakunya KKB Papua?