Find Us On Social Media :

Dilumpuhkan Satgas Damai Cartenz, Ini 2 Anggota KKB Papua yang Digerebek di Markasnya, Salah Satunya Anak Buah Yotam Bugiangge

2 anggota KKB Papua yang berhasil dilumpuhkan Satgas Damai Cartenz di sekitar Kali Go, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Gridhot.ID - Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB Papua pada Kamis (11/4/2024) sekira pukul 02.00 WIT.

Dua anggota KKB Papua itu adalah Afrika Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban.

Mereka dibekuk saat operasi penggrebekan pada sebuah rumah yang diindikasi ada orang yang dicurigai sebagai anggota KKB Papua.

Lokasi penggerebekan di sekitar Kali Go, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribun-Papua.com.

"Setelah memastikan kelompok tersebut adalah KKB, Tim langsung bergerak dan menggrebek rumah tersebut," kata Faizal.

Dikatakan, dari hasil penindakan itu, tim Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil melumpuhkan 2 orang KKB Papua.

"Dua orang atas nama Afrika Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban dan mengamankan 6 orang lainnya yang diduga kuat merupakan anggota KKB," ujarnya.

Faizal memaparkan, kedua anggota KKB Papua yang berhasil dilumpuhkan itu berasal dari dua kelompok yang berbeda.

"Kalau yang Afrika Heluka dia adalah anggota KKB aktif dari kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka, sedangkan Toni Wetapo alias Toni Giban merupakan anggota KKB dari kelompok pimpinan Yotam Bugiangge," katanya.

Yotam Bugiangge sendiri merupakan mantan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili yang telah dipecat setelah menghilang sejak 17 Desember 2021.

Baca Juga: Bersenjata Kawal Pilot Susi Air yang Ditawan, Adik Kandung Egianuis Kogoya Baru 2 Tahun Gabung KKB Papua, Ini Jejak Kejahatannya