Find Us On Social Media :

6 Kampus Negeri di Indonesia yang Tak Naikkan UKT 2024, Salah Satunya Undip

Universitas Diponegoro (Undip) menjadi salah satu PTN di Indonesia yang berkomitmen tidak menaikkan UKT di tahun 2024.

Gridhot.ID - Kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah kampus atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia sedang hangat diperbincangkan.

Tercatat, ada 10 PTN yang sudah menambah jumlah kelompok UKT. Misalnya Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan masih banyak lagi.

Namun ada banyak juga PTN yang memastikan UKT tahun 2024 tidak naik sama sekali bahkan tidak ada penambahan kelompok untuk semua jalur masuk.

Salah satunya, Universitas Airlangga (Unair) yang dipastikan oleh rektornya yaitu Prof. Nasih, tidak ada kenaikan bagi mahasiswa baru tahun 2024.

Jadi mana saja PTN di Indonesia yang tidak naikkan UKT 2024? Melansir dari Kompas.com, ini daftarnya.

1. Universitas Airlangga (Unair)

Rektor Unair, Prof Mohamad Nasih mengatakan, untuk saat ini belum ada kenaikan biaya kuliah Unair untuk tahun ajaran 2024 - 2025.

"Kita di Unair UKT tidak naik, tidak masalah, kita juga berikan ada afirmasi KIP Kuliah 20 persen," ujarnya saat hadir di acara Ikatan Alumni Unair, Gagasan Unair Menuju Indonesia Maju 2034 beberapa waktu lalu.

Unair menerapkan tujuh kelompok UKT mulai Rp 500.000 sampai Rp 25 juta saja.

Selain UKT, khusus mahasiswa jalur mandiri akan dipungut Iuran Pengembangan Instansi (IPI) yang juga tidak mengalami kenaikan.

2. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Baca Juga: 6 Universitas di Indonesia yang Punya Jurusan AI, Salah Satunya UGM

Beberapa waktu lalu, Unsoed sempat viral karena menaikkan UKT 2024. Tetapi setelah rapat dengan pimpinan fakultas se-Unsoed, Ketua Lembaga dan unit-unit lainnya, beberapa waktu lalu, maka Rektor menyatakan ketentuan tentang besaran UKT Unsoed tahun 2024 akan dicabut. Selanjutnya, Unsoed akan menerbitkan peraturan baru.