Find Us On Social Media :

Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 Menurut Para Pengamat: dari Gangguan Teknis Hingga Kemungkinan Terjadinya Bird Strike

Rute Pesawat Lion Air JT 610 yang hilang kontak

Laporan Wartawan Gridhot.id, Septiyanti Dwi Cahyani

Gridhot.id - Sejumlah pengamat mulai menyampaikan dugaan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Karawang pada Senin (29/10/2018).

Melansir dari Nova.id (29/10/2018), pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo mengatakan bahwa penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 kemungkinan karena dua hal.

Adanya gangguan teknis yang dialami oleh pesawat dengan tipe B737-8 Max menjadi salah satu dugaan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang.

Baca Juga : Co-Pilot Pesawat Lion Air JT 610 Teman SMAnya Dulu, Desta Turut Berduka Cita

"Pertama sih bisa karena gangguan teknis, di bagian kendali kontrol pesawat", katanya saat ditemui tim NOVA pada Senin (29/10/2018).

Namun, untuk teknis bagian apa masih belum diketahui.

Dedi menegaskan bahwa untuk menganalisis sebuah kecelakaan pesawat secara rinci harus melihat rekam jejak black box (kotak hitam) pesawat itu sendiri.

Baca Juga : Pesawat Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Jumlah dan Ketentuan Ganti Rugi yang Harus Diterima Korban Kecelakaan Pesawat

Untuk teknis yang mananya, itu saya sendiri tidak tahu. Belum bisa dipastikan karena memang harus melihat black box terlebih dahulu,” tandasnya.

Hal ini dikarenakan semua yang terjadi di dalam pesawat tercatat di dalam kotak hitam tersebut.

Baik itu komunikasi pilot, kendali pesawat dan sebagainya.