Parapuan.co – Bagi Kawan Puan yang sering berselancar di TikTok, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tante Lala.
Apalagi baru-baru ini ada sebuah online shop yang komplain lantaran jumlah penjualannya tidak meningkat usai melakukan endorse Tante Lala.
Lantas, siapa sih Tante Lala itu? Tante Lala merupakan salah satu influencer yang tengah naik daun serta aktif mengadakan siaran langsung di TikTok dan Facebook.
Lewat siaran langsung tersebut, perempuan yang saat ini sedang hamil itu kerap mempromosikan produk endorse dari berbagai brand hingga online shop kecil.
Nama Tante Lala semakin dikenal setelah kasus dengan salah satu online shop tersebut viral di TikTok.
Kasusnya bermula saat seorang pemilik online shop mengaku kecewa karena penjualannya tidak mengalami peningkatan, padahal ia telah membayar Rp4 juta agar produknya bisa dipromosikan Tante Lala.
Berkaca dari kasus endorse Tante Lala, apakah kegiatan endorsement memang bertujuang untuk meningkatkan penjualan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak yuk berbagai kelebihan endorsement seperti yang dikutip dari Social Media Today berikut!
Baca Juga: Sering Disebut dalam Dunia Digital Marketing, Apa Itu Nano Influencer?
1. Meningkatkan brand awareness
Kawan Puan, kelebihan endorsement yang pertama adalah meningkatkan brand awareness suatu produk.
Pasalnya pemasaran melalui influencer bisa menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan positioning brand.
Lebih banyak orang akan mulai mengetahui bisnis kamu, kisah di baliknya, dan solusi yang kamu tawarkan.
Kuncinya, untuk memaksimalkan strategi pemasaran lewat influencer ini adalah untuk memastikan kamu bisa menyediakan konten yang bernilai.
2. Membangun kepercayaan
Influencer tentunya memiliki hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan para pengikutnya di media sosial.
Hal ini membuat para pengikut influencer tertentu akan menghormati dan percaya dengan konten serta rekomendasi yang dibuat olehnya.
Dengan melakukan promosi melalui konten influencer, kamu bisa mendapatkan perhatian lebih banyak orang, sehingga penting untuk menyertakan kalimat yang bisa meningkatkan engagement bisnismu.
Baca Juga: Kenali Strategi Marketing Fear of Missing Out (FOMO) dalam E-commerce
3. Memperkaya strategi konten
Konten yang didapat dari influencer usai mempromosikan produk yang kamu tawarkan juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkaya konten brand kamu, lo.
Membagikan kembali konten dari influencer tersebut bisa membantu mengisi jadwal konten yang mungkin masih terdapat celah.
Hal ini dapat berguna dalam situasi ketika kamu kehabisan ide konten atau membutuhkan konten berkualitas untuk diunggah di media sosial bisnis kamu.
4. Meraih target audiens secara lebih efektif
Dengan membayar jasa endorse influencer yang relevan dengan produk yang dijual, kamu juga bisa meraih target audiens brand kamu secara lebih efektif.
Tak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk mencoba melihat dan menemukan target audiens yang sesuai, sebab influencer biasanya sudah memiliki audiensnya sendiri di media sosial.
Jadi, sebelum endorse influencer, penting bagi kamu untuk menyesuaikan kembali apakah audiens influencer yang dituju sesuai dengan produk yang ingin dipromosikan.
Baca Juga: 5 Kelebihan UGC, Strategi Marketing Tanpa Konten yang Dipakai Apple
5. Menyediakan nilai edukasi pada audiens
Dalam pemasaran, menyampaikan konten yang mengedukasi, dapat menyelesaikan masalah, dan dapat menginspirasi merupakan hal yang penting.
Pemasaran lewat influencer biasanya menerapkan konsep ini, terlebih influencer telah mengetahui kebutuhan dan minat para pengikutnya.
Kawan Puan, itulah beberapa keuntungan endorsement influencer yang perlu kamu ketahui.
Jadi bisa disimpulkan bahwa kegiatan endorsement memiliki kelebihan utama untuk meningkatkan brand awareness, alih-alih pada peningkatan penjualan produk secara langsung.
Kawan Puan yang memiliki bisnis sendiri, apakah sudah pernah melakukan endorse dengan influencer? (*)