Uangnya Hilang di Bagasi Pesawat, Penumpang Garuda Indonesia: Bukan Masalah Uangnya, Harusnya Keamanan Penumpang Diutamakan

Senin, 26 November 2018 | 14:44
Keishi Nukina

Kabin kelas ekonomi Garuda Indonesia 737-800

GridHot.ID - Peristiwa kehilangan barang di dalam bagasi pesawat kembali terjadi.

Kali ini kejadian itu menimpa Ihsan (26), penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 101 rute Palembang-Jakarta, Senin (26/11/2018).

Ihsan menceritakan, ia terbang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, dan tinggal landas pukul 05.40 WIB, Senin pagi.

Ia menaruh tas ransel ke dalam bagasi pesawat.

Baca Juga : Keluarga Korban Kecelakaan Pesawat Lion Air Temui Hotman Paris, Atur Strategi Tuntut Keadilan!

Di dalam tas tersebut terdapat uang ratusan ribu rupiah.

Sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta, ia langsung mengecek uang di tasnya.

Setelah dicek, uang tersebut sudah raib.

"Jumlahnya memang tidak banyak, hanya ratusan ribu. Tapi ini bukan masalah uang, artinya keamanan di bandara dan maskapai sangat buruk kalau ada barang penumpang di bagasi sampai hilang," kata Ihsan di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (26/11/2018).

Baca Juga : Digunakan dalam Identifikasi Korban Pesawat Jatuh, Inilah Perbedaan Ante Mortem dan Post Mortem

Ia langsung membuat laporan ke kantor pelayanan bagasi yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Petugas Garuda langsung menghubungi sekuriti untuk segera dilakukan investigasi.

Ihsan menyesalkan kejadian ini.

Ia berharap kejadian serupa tidak terulang ke depannya.

Baca Juga : Pengakuan Mantan Pramugari Lion Air yang Pernah Alami Dua Kali Kecelakaan Pesawat

"Bukan masalah uangnya. Tapi ini kan pelayanan di pesawat dan bandaranya.

Harusnya keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang diutamakan," kata Ihsan.

Tanggapan Garuda Indonesia Sementara itu, Senior Manager Public Relations Garuda Indonesia Ikshan Rosan berjanji akan menindaklanjuti laporan kehilangan tersebut.

Menurut Ikhsan, ia sudah memerintahkan seluruh jajarannya baik yang berada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, maupun Bandara Soekarno-Hatta untuk memeriksa petugas yang mengurus bongkar muat bagasi.

Baca Juga : Critical Eleven, 11 Menit Paling Penting dalam Penerbangan, Waktu Paling Sering Terjadi Kecelakaan Pesawat

"Tim saat ini lagi investigasi. Petugas yang ada di flight number tersebut akan diperiksa," kata Ihsan.

Secara terpisah, Corporate Secretary Angkasa Pura II Agus Haryadi mengungkapkan, kasus kehilangan barang milik penumpang yang ditaruh di bagasi merupakan tanggung jawab maskapai.

"Memang secara tanggung jawab barangnya ada di maskapai karena menurut UU penerbangan maskapai bertanggung jawab terhadap orang dan barang yang diangkut. Ya maskapai, Garuda itu," ujar Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uang Penumpang Hilang di Bagasi Pesawat, Ini Tanggapan Garuda Indonesia"

(*)

Tag

Editor : Chandra Wulan

Sumber Kompas.com